Guru sedang mengajar di muka kelas, MI/Panca Syurkani.
Guru sedang mengajar di muka kelas, MI/Panca Syurkani.

Pendaftaran Akademi Madrasah Digital 2021 Dibuka, Siapkan Hasil Karyamu

Pendidikan Pembelajaran Daring Madrasah Digitalisasi Sekolah
Citra Larasati • 04 Agustus 2021 21:05
Jakarta:  Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Akademi Madrasah Digital (AMD) 2021 untuk madrasah seluruh Indonesia. Program ini dimaksudkan untuk melatih siswa menguasai dasar-dasar Internet of Things dari sisi teknis dan bisnis.
 
"Mereka akan ditempa oleh para mentor profesional yang tidak hanya menanamkan skill dan pola pikir, tetapi juga spirit entrepreneurship,” jelas Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, Mohammad Isom, di Jakarta, dikutip dalam siaran pers, Rabu, 4 Mei 2021.
 
Program ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas siswa madrasah dalam bidang teknologi informasi. Dengan cara yang tepat siswa madrasah diyakini mampu meningkatkan kapabilitas teknologi dalam menghadapi Era Industri 4.0. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kondisi pandemi covid-19 yang masih tinggi memaksa program ini diselenggarakan melalui daring. Pelatihan tidak bisa dilakukan secara tatap muka, namun diharapkan dapat berjalan maksimal melalui media virtual," tambah Isom.
 
Program ini dibuka bagi siswa madrasah se-Indonesia yang lolos seleksi. Hanya 100 siswa terpilih yang akan mendapat pelatihan.
 
Mereka akan dibagi ke dalam 20 Kelompok belajar yang akan dipandu oleh profesional dan praktisi dari PT. XL Axiata.  Pendidikan yang bernilai akademis tinggi ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.
 
Pendaftaran Akademi Madrasah Digital 2021 telah dibuka sejak 2-16 Agustus 2021 secara online melalui website https://madrasah.kemenag.go.id/akademidigital/ dan mengisi portofolio secara lengkap. Siswa juga harus menjelaskan prototype hasil karya yang akan dihasilkan dan yang pernah dibuat dalam bentuk tulisan.
 
Baca juga:  Kemenag Juga Berikan Keringan UKT dan Bantuan Kuota Internet
 
Selanjutnya proses penilaian karya ilmiah akan dilakukan pada tanggal 17-22  Agustus 2021, Kemudian pengumuman peserta yang lolos diumumkan pada 24 Agustus 2021. 
 
Peserta yang dinyatakan lulus harus bersedia mengikuti pelatihan selama enam bulan secara penuh, dan mendapat surat rekomendasi dari madrasah. Konfirmasi kesediaan peserta mengikuti pelatihan disampaikan dalam rentang 24- 27 Agustus.
 
Pelatihan akan berlangsung sejak 30 Agustus 2021 hingga 20 Februari 2022 dan pengumuman kelompok pemenang berdasarkan masing-masing kriteria disampaikan pada 1 Maret 2022. 
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif