Ilustrasi kuliah. Medcom
Ilustrasi kuliah. Medcom

Mengenal Jurusan Kriminologi, Benarkah Bisa Jadi Detektif?

Renatha Swasty • 06 Juli 2022 13:26
Jakarta: Jurusan Kriminologi masih asing buat sebagian orang. Banyak yang bertanya-tanya hal yang bakal dipelajari saat masuk jurusan ini. 
 
Kriminologi berasal dari dua kata, yaitu crimen yang berarti kejahatan dan logos yang berarti ilmu. Kriminologi ialah sebuah ilmu sosial yang luas dan mempelajari gabungan dari beberapa ilmu lain. 
 
Lalu, apa saja yang akan dipelajari saat masuk ke jurusan Kriminologi ini? Bagaimana dengan prospek kerjanya? Apakah benar bisa jadi dektektif? Simak penjelasan berikut dikutip dari Ruangguru:

Mengenal Jurusan Kriminologi

Kriminologi adalah ilmu yang berfokus pada penelitian tentang jenis, penyebab, hingga pengendalian kejahatan. Dalam proses penelitiannya, Kriminologi melibatkan berbagai macam bidang ilmu seperti Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Sejarah, Biologi, Geografi, Politik, Filsafat, Psikologi, hingga Psikiatri.

Apa saja yang akan dipelajari di Jurusan Kriminologi?

Pada program studi ini Sobat Medcom akan melakukan penelitian sosial untuk menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan, penyimpangan, dan pelanggaran hukum. Sobat Medcom akan belajar untuk melihat suatu tindak kriminal dari kacamata si pelaku dan juga korban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Di jurusan kriminologi, kita melihat kejahatan bukan hanya sebatas pelanggaran hukum saja, tetapi juga sebagai sebuah fenomena sosial. Ada 4 fokus yang dibahas yaitu pelaku kejahatan, korban, kejahatan itu sendiri dan reaksi masyarakat. Jadi, kita juga harus mengkaji nih bagaimana respons masyarakat terhadap kejahatan itu sendiri,” kata salah satu mahasiswi di jurusan Kriminologi UI, Meisy.
 
Sobat Medcom juga akan belajar tentang reka ulang perkara, olah TKP, rekam sidik jari, dan jejak darah. Kamu juga akan menganalisa berbagai tindak kejahatan yang lingkupnya sangat luas, mulai dari kenakalan remaja kecil, hingga kejahatan yang bersifat gaib seperti santet, cybercrime, hingga terorisme yang berskala internasional.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif