Kampus Unika Atma Jaya Jakarta. Foto: Atma Jaya
Kampus Unika Atma Jaya Jakarta. Foto: Atma Jaya

Intip Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya dan Mata Kuliah yang Dipelajari

Citra Larasati • 28 Juni 2024 22:29
Jakarta:  Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) telah lama dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi swasta berkualitas di Indonesia. Salah satu program studi yang menjadi carrier flag adalah Ilmu Komunikasi yang terakreditas Unggul dan memiliki berbagai inisiatif pendidikan yang progresif. 
 
Salah satu keunggulan yang menjadi daya tarik utama Prodi Ilmu Komunikasi di Unika Atma Jaya adalah lingkungan pembelajaran yang nyaman, dan mendukung aktivitas pembelajaran yang dinamis, serta kurikulum yang mengikuti trend saat ini dan masa depan. 
 
Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, UAJ, tidak hanya diajak untuk menguasai teori dan konsep komunikasi, tetapi juga didorong untuk terlibat aktif dalam implementasinya melalui kegiatan ekstrakurikuler dan praktikum. Salah satunya adalah Atma Radio, wadah kegiatan mahasiswa Dimana mahasiswa dapat mempraktikkan matakuliah content creative melalui pembuatan podcast dan vlog yang dapat diakses melalui YouTube dan Spotify.

Aktivitas ini mendorong mahasiswa untuk mengasah keterampilan mereka dalam produksi konten kreatif, editing video dan audio, kemampuan komunikasi, serta pengelolaan platform media digital. Mereka juga sekaligus belajar bekerja sama dalam kelompok dan lintasbudaya.
 
Selain itu, Prodi Ilmu Komunikasi di UAJ juga membangun nilai-nilai kolaborasi dalam proses pembelajaran. Mahasiswa diajak untuk berpikir kritis dan bekerja sama dalam membahas kasus yang kompleks.
 
Dengan begitu mereka tidak hanya menjadi individu yang cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kemampuan analitis, kreatif, dan solutif dalam menghadapi tantangan serta memecahkan masalah.

Berbasis Praktik

Untuk memperdalam pemahaman konsep dan teori, mahasiswa diajak untuk melakukan praktik secara langsung sebagai bentuk implementasi ilmu. Mahasiswa didorong untuk mengembangkan keterampilan praktis seperti storytelling, kampanye komunikasi, pembuatan produk. Hasil karya mahasiswa juga didorong untuk dipublikasikan ke media eksternal seperti melalui pameran sehingga mereka memperoleh pengalaman berharga dalam mengelola event, berkomunikasi dengan audience, mengembangkan riset berbasis data, dan berbagai aktivitas lainnya.  

Mata Kuliah yang Dipelajari

Dalam program studinya, tersedia tiga peminatan yaitu Marketing Communication (Marcomm), Corporate Communication (Corcomm), dan Media. Prodi Ilmu Komunikasi UAJ  membekali mahasiswa dengan pengetahuan dunia digital yang berkembang dari mata kuliah dasar hingga mata kuliah peminatan dan semuanya terkait dengan kebutuhan dunia kerja, termasuk tentang AI dalam Ilmu Komunikasi.
 
Baca juga:  Mengenal Jurusan Teknik Nuklir UGM, Langka dan Anti Mainstream Nih!
 


 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(CEU)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan