"Karena itu pemahaman minat peserta didik oleh guru, kepala sekolah itu menjadi kunci utama," kata Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo (Nino), dalam webinar Kurikulum Merdeka dikutip dari laman YouTube Kompasiana Senin, 6 Maret 2023.
Nino menyebut sekolah bisa mulai menyesuaikan proses pembelajaran setelah mengetahui minat murid. Penyesuaian pada masing-masing tingkat kemampuan individu.
"Memang ini ekstrem, karena kita bicara kebutuhan satu murid," tutur dia.
Dia mengatakan guru tak perlu khawatir dan berpikir terlalu jauh terkait diferensiasi masing-masing murid. Sebab, yang perlu dilakukan hanyalah deteksi minat awal.
"Kita lihat kemampuan awal mereka seperti apa, kita berikan tutorial. Nanti dari sana ada temannya yang serupa, maka antar teman mereka bisa menjadi tutor sebaya," tutur Nino.
Baca juga: Tak Cukup Satu Resep Jika Ingin Hadirkan Pembelajaran Berkualitas di Indonesia |
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News