Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Perubahan Perilaku Bisa Tekan Penyebaran Covid-19 Hingga 85%

Pendidikan pendidikan Virus Korona
Ilham Pratama Putra • 11 September 2020 19:43
Jakarta: Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi mengatakan perubahan perilaku adalah ujung tombak dalam melawan penyebaran virus korona (covid-19). Bahkan, perubahan perilaku bisa menurunkan penyebaran covid-19 hingga 85 persen.
 
"Kalau kita melakukan itu (perubahan perilaku) menerapkan 3M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, kita telah menurunkan risiko tertular covid-19 sampai 85 persen," terang Sonny dalam Bincang Sore Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat, 11 September 2020.
 
Menurutnya, perilaku yang paling sulit untuk dirubah adalah menjaga jarak. Masih banyak orang tidak menyadari bahwa ketika bertemu teman, mereka tidak mengindahkan jaga jarak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:30% Masyarakat Percaya Teman Dekat Tidak Menyebarkan Virus Korona
 
"Dari toga hal itu yang paling sulit dilakukan adalah menjaga jarak, menjaga jarak tapi ketika ketemu teman baik langsung cipika-cipiki atau merasa temannya tidak mungkin menulari covid-19," ungkap dia.
 
Menurutnya, saat ini masyarakat belum menjalankan 3M dengan sempurna. Padahal penularan ini bisa dihentikan ketika manusia bisa mengendalikan dirinya sendiri lewat penerapan protokol kesehatan.
 
"Perubahan perilaku ini dengan sasaran kebijakan terjadi pada intervensi individu, keluarga, institusi, wilayah dan komunitas," ungkapnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif