Praktikum hybrid prodi SIKIA Unair. DOK Unair
Praktikum hybrid prodi SIKIA Unair. DOK Unair

Prodi Kedokteran Hewan SIKIA Unair Mulai Terapkan Praktikum Hybrid

Renatha Swasty • 03 Maret 2022 13:46
Jakarta: Program Studi Kedokteran Hewan Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Universitas Airlangga (Unair) melaksanakan kuliah praktikum hybrid dengan protokol kesehatan ketat. Hal ini diterapkan mengingat persebaran covid-19 varian Omicron di Jawa Timur terus meningkat.
 
Ketua Prodi Kedokteran Hewan SIKIA Unair Muhammad Thohawi Elziyad Purnama menyebut ada banyak pertimbangan penerapan kebijakan itu. Salah satunya terkait peningkatan ketrampilan mahasiswa.
 
“Sesuai surat edaran yang dirilis Universitas Airlangga dan persetujuan Satgas Covid-19 setempat agar ada pembatasan peserta dan prokes ketat,” ujar Thohawi dikutip dari laman unair.ac.id, Kamis, 3 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Thohawi menyebut mahasiswa juga ingin segera praktikum langsung di kampus. “Keinginan mahasiswa untuk praktikum hands on. Terutama untuk mata kuliah yang butuh melatih psikomotor sehingga praktikum harus dilaksanakan,” kata Thohawi.

Praktikum hybrid

Praktikum hybrid terbagi menjadi dua pilihan, yaitu luring dan daring. Praktikum luring diikuti 16 mahasiswa semester II pada mata kuliah histologi veteriner di laboratorium instrumentasi SIKIA Unair Banyuwangi.
 
Sementara itu, mahasiswa lainnya mengikuti praktikum secara virtual melalui Zoom. Dengan fluktuasi persebaran covid-19, praktikum luring belum diwajibkan bagi seluruh mahasiswa.
 
“Dikarenakan status level PPKM yang naik turun sehingga pelaksanaan pengawasan prokes juga harus ketat. Distribusi mahasiswa yang antar pulau dan izin orang tua juga menjadi pertimbangan untuk praktikum ini berlangsung terbatas,” jelas dia.
 
Prodi Kedokteran Hewan Unair menerapkan pembatasan mahasiswa. Sebanyak 50 persen dari kapasitas ruangan.
 
“Kapasitas 50, tapi saya ambil setengahnya. Yakni, 20 plus 5 laboran dan mahasiswa riset,” tutur dia.
 
Thohawi juga mengimbau mahasiswa selalu menjaga kesehatan dan mawas diri sebelum mengikuti praktikum. Pastikan diri sehat, telah divaksin, mendapat izin orang tua, dan mematuhi prokes.

Kesempatan yang sama

Thohawi menyebut agar kegiatan pembelajaran berjalan optimal pihaknya menerapkan beberapa strategi ke depan. Salah satunya evaluasi berkala.
 
“Membagi sif mahasiswa daring agar bergantian mengikuti luring. Menyajikan bahan dan evaluasi sama sama melalui Aula,” kata dia.
 
Thohawi berharap tren persebaran dan level PPKM di kawasan Banyuwangi dapat turun. Sehingga, kampus dapat segera melakukan optimalisasi pembelajaran dan praktikum kepada mahasiswa.
 
Baca: Unair Mulai Kuliah Tatap Muka di Dua Fakultas
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif