Mahasiswa Undip I Kadek Hari Kesuma berhasil menjadi juara II Mawapres. DOK Undip
Mahasiswa Undip I Kadek Hari Kesuma berhasil menjadi juara II Mawapres. DOK Undip

Teliti Bahan Alami untuk Minuman Anti Insomnia, Kadek Juara II Mawapres Undip

Pendidikan prestasi mahasiswa Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi UNDIP Mahasiswa
Renatha Swasty • 19 April 2022 17:13
Jakarta: I Kadek Hari Kesuma berhasil mejadi juara II Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (Undip). Kadek meneliti pemanfaatan daun jeruk nipis (citrus aurantifolia) dan kayu manis (Cinnamomum burmannii) sebagai minuman anti-insomnia.
 
"Masalah kesehatan adalah topik yang menarik untuk dibahas, terlebih lagi saya adalah mahasiswa jurusan Teknologi Pangan. Saya ingin memanfaatkan ilmu yang saya dapatkan di bangku perkuliahan untuk menciptakan produk dengan nilai jual yang tinggi," kata Kadek dikutip dari laman undip.ac.id, Selasa, 19 April 2022.
 
Kadek menuturkan minuman anti-insomnia hasil penelitiannya juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Sebab, terbuat dari bahan alami tanpa pengawet buatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Belakangan ini saya juga sedang mempersiapkan perlombaan business plan, salah satu kompetisi yang tengah saya persiapkan adalah Tarumanagara Start-Up Summit Expo 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanagara," beber Kadek.
 
Dia juga aktif dalam organisasi. Yakni staf bidang Science and Technology (STD) International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) Local Comittees Undip, staf bidang edukasi UKM Minerva Research Club FPP, dan staf bidang media dan komunikasi UKM Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD) Undip.
 
Kadek mengaku masalah tersulit di bangku perkuliahan adalah manajemen waktu. Dia pernah hampir terlambat mengumpulkan berkas proposal bisnis plan karena kurang maksimal mengatur waktu.
 
Dia menyebut menjadi mahasiswa berprestasi tentunya membutuhkan manajemen waktu yang baik. Adapun untuk mengatasi permasalahan waktu tersebut, dia membuat jadwal kegiatan setiap hari.
 
Apabila telah menetapkan jadwal dengan baik, hanya perlu menjalani berurutan. Sehingga, semua agenda yang telah ditetapkan dapat tercapai dan tidak ada lagi waktu yang terbuang percuma.
 
Kadek membagikan pesan kepada generasi muda. Dia menyebut generasi muda harus memperbanyak wawasan dari ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan maupun dari luar perkuliahan.
 
Dia menuturkan orang yang sukses ialah yang memiliki kemampuan menyerap berbagai ilmu dari segala media dan mengaplikasikan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Kadek menyebut relasi juga perlu diperluas dengan aktif berorganisasi.
 
"Manfaat organisasi bagi mahasiswa adalah untuk mempelajari kepemimpinan dan juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, dengan mengikuti organisasi, kita juga dapat memperluas jejaring dan pergaulan dengan orang lain,” kata mahasiswa jurusan S1 Teknologi Pangan itu.
 
Baca: Buat Tablet untuk Daya Tahan Tubuh, Mahasiswa Unsoed Raih Medali Emas di Rusia
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif