Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti, Ismunandar, Medcom.id/Citra Larasati.
Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti, Ismunandar, Medcom.id/Citra Larasati.

Penerima Bidikmisi Naik 50% Tahun Depan

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 17 Desember 2018 12:23
Jakarta:Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menargetkan jumlah penerima beasiswa Bidikmisi naik 50% di tahun depan. Hal ini guna meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) yang masih rendah dibandingkan negara-negara lain, terutama negara di wilayah ASEAN.
 
"Insya Allah 2019 itu (kuota Bidikmisi) akan kita tingkatkan jumlahnya cukup signifikan. Kita ingin tingkatkan sekitar 40 hingga 50% dari jumlah yang sebelumnya," kata Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti, Ismunandar kepada Medcom.id, di Gedung D Kemenristekdikti, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin 17 Desember 2018.
 
Baca:APK Pendidikan Tinggi Ditargetkan 35% Tahun Depan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemenristekdikti mencatat tahun 2018 penerima beasiswa Bidikmisi baru sekitar 90.000 mahasiswa. "Pada tahun sebelumnnya sekitar 90.000-an penerima baru, kita mungkin bisa berikan di tahun yang akan datang hingga 120.000 atau 130.000 penerima baru," bebernya.
 
Untuk diketahui, APK pendidikan tinggi Indonesia saat ini saat ini masih berada di angka 32%, jauh tertinggal dibandingkan negara maju seperti Korea Selatan yang sudah di angka 92%. "Kita sudah mencapai 32%. Tetapi negara tetangga kita sudah banyak yang 50 persen dan kalau negara maju sudah mendekati 70%," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif