Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Arif Satria. Dok Humas IPB.
Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Arif Satria. Dok Humas IPB.

Forum Rektor Imbau Kampus Terapkan PJJ Penuh Selama PPKM

Pendidikan Virus Korona Pembelajaran Daring Pendidikan Jarak Jauh Perguruan Tinggi Pembelajaran jarak jauh
Ilham Pratama Putra • 08 Januari 2021 16:12
Jakarta: Pemerintah memberlakukan pengetatan di Jawa-Bali mulai 11-25 Januari 2020. Pengetatan dengan istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini dilakukan menyusul meningkatnya kasus covid-19.
 
Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Arif Satria mengimbau kampus untuk kembali menggelar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara penuh. Seluruh kegiatan tatap muka yang sudah direncanakan, kembali ditangguhkan.
 
"Sekarang semuanya online, karena sudah menjadi ketentuan pemerintah," kata Arif kepada Medcom.id, Jumat, 8 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Tim Riset Vaksin Unpad Rekomendasikan Sinovac Kantongi EUA
 
Dia mengatakan para rektor sebaiknya mengikuti peraturan yang dari pemerintah pusat tersebut. Meskipun, dalam Surat Keputasan Bersama (SKB) Empat Menteri menyatakan Pemerintah Daerah memiliki wewenang dalam memberi izin Pembelajaran Tatap Muka (PTM).
 
"Tapi ada baiknya mengikuti aturan dari pusat dulu," ujarnya.
 
Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) itu pun menyebut bakal memberlakukan hal yang sama di kampusnya. Pihaknya mengembalikan pembelajaran daring sepenuhnya untuk sementara waktu.
 
Arif memaklumi jika masih ada kampus yang ingin melakukan PTM. Dia menyebut hal itu terpaksa dilakukan karena berkaitan tugas akhir. "Beberapa kampus ada perkecualian untuk penelitian tugas akhir di laboratorium," ungkapnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif