Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Tim Riset Vaksin Unpad Rekomendasikan Sinovac Kantongi EUA

Pendidikan Virus Korona Unpad Vaksinasi covid-19
Ilham Pratama Putra • 08 Januari 2021 14:33
Jakarta:  Tim Riset Uji Klinis Vaksin Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) telah melakukan uji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinovac selama tiga bulan terakhir. Hasilnya, Tim Riset merekomendasikan Sinovac untuk digunakan dalam keadaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).
 
"Iya (direkomendasikan untuk EUA)," kata Manajer Lapangan Uji Vaksin Covid-19 Unpad, Eddy Fadlyana kepada Medcom.id, Jumat 8 Januari 2021.
 
Pihaknya pun telah menyerahkan laporan uji klinis itu kepada Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM). Eddy menyampaikan, bahwa pengumuman resminya nanti akan disampaikan BPOM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Iya betul, hari ini kita serahkan laporan vaksin Sinovac. Hasilnya tetap tunggu pengumuman BPOM," sambungnya.
 
Baca juga:  Kegiatan Pembelajaran di Unpad Full Daring
 
Menurutnya, BPOM sendiri bakal mengumumkan EUA untuk Sinovac siang ini. EUA dari BPOM ini sangat diharapkan agar vaksin bisa didistribusikan dan digunakan secara masal.
 
Izin dari BPOM ini sangat ditunggu. Terlebih Presiden Joko Widodo telah menyatakan dirinya siap untuk disuntikkan vaksin Sinovac tersebut pada Rabu, 13 Januari 2021 mendatang.
 
Jokowi ingin menghadirkan kepercayaan di tengah masyarakat tentang keamanan vaksin covid-19.  Jokowi menjamin vaksin covid-19 produksi perusahaan Biofarmasi Sinovac, Tiongkok aman.
 
"Saya yang akan menjadi yang pertama divaksin," tegas Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Desember 2020.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif