PMP Tak Hapus Pendidikan Karakter

Mata Pelajaran PMP Akan Kembali ke Kurikulum

Intan Yunelia 26 November 2018 20:38 WIB
Kurikulum Pendidikan
Mata Pelajaran PMP Akan Kembali ke Kurikulum
Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM), Ari Santoso, Medcom.id/Intan Yunelia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berwacana akan mengembalikan Pendidikan Moral Pancasila (PMP) sebagai mata pelajaran di sekolah untuk memperkuat penerapan nilai Pancasila. Meski begitu, kehadiran PMP tak serta menghapus keberadaan pendidikan karakter yang sudah ada sebelumnya. 

“Pendidikan karakter bisa dimasukkan jadi sub bagian pembelajarannya (PMP) kan bisa masuk di sana,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud, Ari Santoso saat Taklimat Media acara ISODEL 2018 di Perpustakan Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin, 26 November 2018.


Pelajaran pendidikan karakter, menurut Ari, masih penting diajarkan di sekolah. Harus ada kajian lebih lanjut mengingat Pendidikan karakter sangat penting untuk menanamkan jiwa nasionalisme sejak dini.

“Kita harus lihat kajian, karena kita tidak ingin siswa itu jadi kelinci percobaan,” ujar Ari.

Baca: Informasi BIN Alarm soal Radikalisme

Mata pelajaran PMP ini merupakan kajian yang sudah lama dibahas dan dipertimbangkan oleh pemerintah. Di satu sisi penting untuk karakter anak bangsa, namun di sisi lain juga tidak begitu saja dikembalikan karena sudah terlalu banyaknya kurikulum yang baru di sekolah.

“PMP sudah direncanakan Pak Presiden sejak lama,” terang Ari.

Ia menambahkan, perubahan kurikulum akan sering terjadi. Seiring dengan perkembangan zaman para peserta didik.

“Setiap perubahan seperti itu selalu ada kajian akademik dan lainnya.  Kewenangan seperti itu memang ada di Kemendikbud,” pungkasnya.




(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id