Mohammad Hatta. Medcom
Mohammad Hatta. Medcom

4 Pahlawan Indonesia Ini Pernah Kuliah di Luar Negeri

Medcom • 23 Mei 2022 22:13
Jakarta: Menempuh pendidikan di luar negeri merupakan impian banyak orang, tak terkecuali pahlawan kemerdekaan Indonesia kala itu. Di tengah kesibukan memperjuangkan kedaulatan negara, mereka tetap memprioritaskan pendidikannya.
 
Bukan tanpa sebab, belajar dari negara orang itu bisa memperkaya wawasan yang dibutuhkan untuk melepas belenggu penjajah. Tak cuma sekadar belajar, para pejuang ini juga aktif menyuarakan kemerdekaan Indonesia lewat perhimpunan, konferensi, dan kongres internasional.
 
Penasaran dengan sosok pahlawan tersebut? Berikut ulasan mengenai empat pejuang Indonesia yang pernah kuliah di luar negeri, dikutip dari Instagram @kobieducation.

1. Mohammad Hatta

Bung Hatta merupakan lulusan Handels Hoogeschool yang sekarang menjadi Erasmus University Notterdam, Belanda. Proklamator kemerdekaan Indonesia itu menempuh pendidikan doktor di bidang Economic.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pria kelahiran 12 Agustus 1902 ini aktif tergabung dalam Indische Vereeniging yang merupakan organisasi Perhimpunan Indonesia. Sejak tergabung dalam organisasi tersebut, Bung Hatta kian lantang menyuarakan kemerdekaan Indonesia melalui konferensi dan kongres internasional.

2. Sutan Sjahrir

Sutan Sjahrir sempat menerima beasiswa kuliah di Belanda pada 1929. Mantan Perdana Menteri Indonesia itu mulanya diterima di University of Amsterdam, namun memutuskan pindah ke Leiden University untuk belajar ilmu hukum.
 
Layaknya Bung Hatta, Sutan Sjahrir juga aktif dengan Perhimpunan Indonesia. Di bawah pegaruh sang proklamator, Sjahrir turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di kancah internasional.

3. Soedjatmoko

Soedjatmoko pernah mencoba belajar di Public Administration dan Littauer Harvard yang sekarang menjadi John F. Kennedy School of Government. Sayangnya, dia terpaksa harus mengundurkan diri.
 
Hal itu dikarenakan Soedjatmoko ditunjuk sebagai charge d’affaires pertama Indonesia selama tiga bulan. Delegasi Indonesia untuk PBB di Lake Success, New York, ini lantas mendirikan desk politik di Kedutaan Besar Indonesia di Washington, D.C.

4. Soemitro Djojohadikusumo

Soemitro menempuh pendidikan tingginya di University Rotterdam, Belanda pada 1935. Lebih tepatnya, dia melanjutkan studi di Nederlandsche Economische Hogeschool atau Sekolah Tinggi Ekonomi.
 
Tokoh ekonomi dan politik Indonesia ini juga sempat mengenyam kursus filosofi dan sejarah di University of Paris selama setahun. Sembari menempuh studinya, Soemitro turut aktif mempromosikan seni budaya Indonesia.
 
Itulah empat tokoh besar Indonesia yang pernah berkuliah di luar negeri. Apakah Sobat Medcom tertarik mengikuti jejak mereka? (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: 5 Menteri Kabinet Indonesia Maju yang Pernah Kuliah di Luar Negeri
 

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif