Ilustrasi. Foto: MI/Susanto
Ilustrasi. Foto: MI/Susanto

Himpaudi Minta Kemendikbud Gencarkan Sosialisasi Pendaftaran PAUD

Pendidikan PAUD
Muhammad Syahrul Ramadhan • 26 Juni 2020 20:43
Jakarta: Ketua Umum Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Netty Herawati menyarankan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) gencar mengimbau para orang tua agar tetap mendaftarkan anaknya ke PAUD. Sosialisasi penting karena sebagian orang tua menilai PAUD tutup akibat pandemi virus korona (covid-19).
 
"Kami sudah meminta pemerintah untuk membuat imbauan kepada orang tua untuk tetap mendaftarkan anaknya," kata Netty kepada Medcom.id, Jumat, 26 Juni 2020.
 
Menurut Netty, Kemendikbud harus mampu meyakinkan para orang tua kalau PAUD menerapkan pembelajaran dari rumah. "Karena PAUD from home ini meski dilaksanakan oleh orang tua, tapi kurikulum, perencanaan dan penilaian dari sekolah," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lembaga-lembaga PAUD juga disarankan segera menyusun program pembelajaran dari rumah. Netty mengatakan progam tersebut harus bisa dimengerti orang tua, karena yang menjalankannya adalah orang tua, meski ada bimbingan dari guru.
 
Baca: Pendaftar Sepi, Banyak Orang Tua Mengira PAUD Masih Tutup
 
"Sehingga sadar tentang pentingnya PAUD di rumah dibimbing guru-guru. Guru menjadi konsultan keluarga," terangnya.
 
Netty menyarankan para orang tua tak ragu mendaftarkan anaknya ke lembaga PAUD. Kendati, kondisi belum ideal dan tidak bisa dilakukan pembelajaran secara tatap muka. Netty yakin anak tetap bisa belajar meski dari rumah.
 
"Dengan masuk ke lembaga PAUD maka anda akan tercatat di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) sehingga anak akan terkawal pendidikannya, mendapat layanan PAUD from home dari lembaga masing-masing," ujarnya.
 
Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbud, Muhammad Hasbi mengatakan pembukaan tahun ajaran PAUD akan sama dengan jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK. Yakni pada 13 Juli 2020.
 
Kemendikbud terus mendorong Dinas Pendidikan (Disdik) untuk memberikan sosialisasi kepada guru maupun orang tua jika PAUD akan terus berjalan. PAUD juga akan terus menggunakan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada tahun ajaran baru, 13 Juli 2020 mendatang.

 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif