Ilustrasi. Medcom.id/Citra Larasati
Ilustrasi. Medcom.id/Citra Larasati

Pendaftar Sepi, Banyak Orang Tua Mengira PAUD Masih Tutup

Pendidikan PAUD
Muhammad Syahrul Ramadhan • 26 Juni 2020 19:54
Jakarta: Ketua Umum Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Netty Herawati mengungkapkan, banyak orang tua mengira lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih tutup selama pandemi virus korona (covid-19). Hal ini diduga menjadi indikasi sepinya pendaftar PAUD.
 
"Jadi banyak orang tua tidak mendaftarkan karena ini kan pandemi, sekolah tidak dibuka," kata Netty kepada Medcom.id, Jumat, 26 Juni 2020.
 
Netty mengatakan, lembaga PAUD sebetulnya menerapkan kebijakan belajar di rumah selama pandemi. Namun, konsep PAUD from home ini masih belum dipahami sejumlah orang tua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal, kata dia, pola ini merupakan alternatif pembelajaran yang diberikan oleh lembaga PAUD untuk anak usia dini untuk belajar di rumah bersama orang tua dan tetap dibimbing guru PAUD.
 
“Jadi orang tua merasa enggak sekolah ini. Jadi harusnya ada yang melanjutkan mereka mengambil cuti, yang baru pun harusnya banyak yang daftar, tidak daftar," jelasnya.
 
Baca: Kemendikbud Akui Adanya Penurunan Jumlah Pendaftar PAUD
 
Faktor-faktor ini dinilai membuat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) PAUD menurun. Netty mengatakan, Himpaudi sudah meminta agar pemerintah membuat imbauan. Hal ini agar orang tua tetap mendaftarkan anaknya ke lembaga PAUD.
 
"PAUD from home ini meski dilaksanakan oleh orang tua, tapi kurikulum perencanaan, penilaian, disiapkan di sekolah," ujarnya.
 
Sebelumnya, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbud, Muhammad Hasbi mengakui adanya penurunan jumlah pendaftar di jenjang PAUD. Penurunan ini dipicu adanya salah persepsi di kalangan orang tua tentang dimulainya tahun ajaran baru untuk jenjang tersebut. 
 
Hasbi menegaskan, dimulainya tahun ajaran PAUD akan disamakan dengan jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK. Menurutnya banyak miskonsepsi atau salah paham terkait dimulainya tahun ajaran baru untuk PAUD tersebut
 
"Jadi ada miskonsepsi orang tua bahwa seolah-olah PAUD libur, padahal masuknya bersamaan 13 Juli 2020," kata Hasbi kepada Medcom.id, Rabu, 24 Juni 2020.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif