Rektor UI, Muhammad Anis dan President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata tengah menandatangani MoU Pembinaan Mitra Startup. Medcom.id/Intan Yunelia.
Rektor UI, Muhammad Anis dan President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata tengah menandatangani MoU Pembinaan Mitra Startup. Medcom.id/Intan Yunelia.

Grab Bantu Kembangkan Startup Binaan UI

Pendidikan Pendidikan Tinggi Revolusi Industri 4.0
Intan Yunelia • 16 Mei 2019 14:34
Depok: Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan aplikator tranportasi daring Grab dalam mengembangkan perusahaan rintisan (startup) binaan UI. Program akselerator 'UI Works' ini mendukung pengajaran, penelitian dan pengabdian mahasiswa di UI yang bergerak di bidang teknologi, medis dan sosial.
 
Rektor UI, Muhammad Anis mengatakan sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UI memiliki komitmen untuk memajukan bangsa melalui riset dan inovasi. Iklim industri digital sangat mendukung terciptanya startup-startup baru yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan.
 
"Agenda hari ini menjadi salah satu bukti bahwa semangat wirausaha dan inovasi UI didukung penuh oleh pemain industri digital yang telah mencapai level Decacorn, Grab," kata Anis di acara Penandatanganan MoU Rektor UI dengan President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, di Perpustakaan UI, Depok, Jawa Barat, Kamis, 16 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia melanjutkan, sejumlah startup potensial hasil inkubasi sivitas akademika UI akan dibina melalui program Akselator 'UI Works' dengan menggandeng Code Margonda dan Grab sebagai penyelenggara. Program ini tak hanya diperuntukkan bagi sivitas akademika UI, namun juga anak muda di luar UI yang memiliki usaha rintasan.
 
"Dengan syarat mereka sudah memiliki Prototype atau Beta Version dari produknya," ujar Anis.
 
Baca:Bos Grab Harap Pemerintahan Baru Tetap Pro Startup
 
Selain pembinaan startup, kerja sama Grab dan UI ini juga mencakup program Engineering Talent Future Leader. Di mana mahasiswa UI jurusan teknik tingkat akhir dapat mengikuti seleksi dan berkesempatan magang di kantor Grab Indonesia atau Singapura. Pendaftaran sudah di mulai per tanggal 16 Mei 2019 ini.
 
"Diharapkan kolaborasi yang sarat dengan teknologi ini dapat menstimulasi semangat berinovasi dan berwirausaha bagi sivitas akademika UI dalam menghasilkan startup company berkelas demi kemajuan perekonomian banga Indonesia ke tingkat berikutnya," pungkasnya.
 
Perlu diketahui, program Akselerator 'UI Works' terbagi ke dalam tiga tahapan. Pertama Pra-Akselerator calon peserta akan mengikuti serangkaian seleksi hingga terpilih startup unggulan. Kedua akselerator, peserta akan mengikuti program intensif selama kurang lebih empat bulan untuk mengembangkan startup masing-masing dengan fokus siap komersiliasi.
 
Ketiga Demo Day para peserta binaan akan dipertemukan dengan para investor yang siap membina dan mengembangkan bisnisnya. Sebagai mitra strategis program Akselerator 'UI Works', Grab melalui Grab Ventures Velocity (GVV) akan berpartisipasi dalam tahap dua peran. Sebagai mentor atau pembicara tamu dan juga mengevaluasi startup unggulan yang lolos tahap tiga agar mendapatkan kesempatan dibina lebih lanjut dalam GVV program.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif