Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Lengkap! Rincian Biaya Kuliah, Mulai Uang Pangkal Hingga SKS di Universitas-Universitas Indonesia

Medcom • 19 Agustus 2022 19:43
Jakarta: Kuliah memberikan banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan membuka jaringan. Namun, biaya yang tidak sedikit membuat halangan bagi banyak orang untuk kuliah.
 
Mahalnya biaya perkuliahan ini menjadi alasan untuk berlomba-lomba masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Sebab, bila masuk perguruan tinggi swasta (PTS), uang pangkalnya saja bisa sampai ratusan juta rupiah, belum lagi uang semester dan biaya hidup yang bisa mencapai puluhan juta.
 
Namun, ketika kuliah di PTN, diperlukan persiapan matang untuk membayar semuanya dari jauh-jauh hari. Hal ini supaya orang tua ataupun wali tidak merasa kaget lagi saat membayar uang perkuliahan wajib mahasiswa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir laman Quipper, berikut rincian biaya kuliah di universitas-universitas di Indonesia:

Rincian biaya kuliah

1. Uang pangkal

Uang pangkal adalah uang yang harus dibayarkan mahasiswa baru di awal masuk kuliah. Biaya ini juga dikenal dengan istilah uang gedung atau uang pembangunan dan hanya dibayarkan satu kali bersamaan dengan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester satu atau saat daftar ulang.
 
Besaran uang pangkal yang wajib dibayarkan berbeda-beda tergantung dari universitas dan jurusan yang diambil. Misalnya, seorang mahasiswa mengambil Jurusan Ilmu Hukum di Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui jalur mandiri, uang pangkal yang harus dibayar berkisar di angka Rp50 juta.
 
Berbeda lagi dengan Binus University untuk Fakultas Ekonomi dan Komunikasi uang pangkalnya sekitar Rp38 juta. Bisa dilihat, semakin bergengsi jurusan dan universitas yang dipilih maka akan semakin besar pula uang pangkalnya.
 
Selain itu, uang pangkal di universitas negeri umumnya dipengaruhi jalur seleksi masuk. Contohnya, jika Sobat Medcom masuk Ilmu Hukum Unpad melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), mahasiswa akan dibebaskan dari uang pangkal.
 
Dengan nominal yang cukup besar, beberapa universitas memperbolehkan mahasiswanya untuk menggunakan sistem cicilan dalam membayar uang pangkal. Namun, tidak semua jurusan di universitas tersebut dapat memberikan sistem cicilan.
 
Misalnya biaya perkuliahan Ilmu Gizi di Universitas Esa Unggul, memiliki total biaya Rp21,8 juta termasuk uang pangkal, biaya semester satu (UKT, UTS, dan UAS), biaya kegiatan sebelum perkuliahan, dan jas almamater, dapat diangsur beberapa kali, dengan angsuran pertamanya sebesar Rp6,5 juta dan sisa angsuran per bulannya sebesar Rp5,1 juta.
 
Halaman Selanjutnya
2. KT dan BOP Di…




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif