Kampus ITB. Dok Humas ITB.
Kampus ITB. Dok Humas ITB.

Tahun Ini, ITB Kembali Raih Predikat Badan Publik Informatif

Pendidikan Perguruan Tinggi ITB Perguruan tinggi terbaik Perguruan tinggi terbaik di Indonesia
Arga sumantri • 27 Oktober 2021 11:50
Bandung: Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih predikat sebagai Badan Publik Informatif tahun 2021 dari Komisi Informasi Pusat (KIP) pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021. Predikat ini terakhir kali dicapai pada 2019.
 
"Pada masa pandemi covid-19 tahun 2020, predikat ITB turun menjadi Menuju Informatif. Pada tahun ini, ITB kembali menjadi Informatif dengan Raihan poin 96,10," demikian keterangan resmi ITB dikutip Rabu, 27 Oktober 2021.
 
Pada acara tersebur, Ketua KIP Gede Narayana mengatakan, pihaknya telah melaksanakan Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) secara nasional 2021 diperoleh nilai sebesar 71,37. IKIP tersebut menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan informasi publik di Tanah Air berada pada posisi sedang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebut telah melakukan monitoring dan evaluasi kepada 337 badan publik. Hasilnya, sebanyak 83 lembaga dinyatakan sebagai badan publik informatif (83), menuju informatif 63 badan publik, cukup informatif 54 badan publik, kurang informatif 37 badan publik, dan tidak informatif 100 badan publik.
 
Baca: UIN Jakarta Raih Predikat Perguruan Tinggi Menuju Informatif
 
"Persentase tersebut harus digarisbawahi bahwa keterbukaan informasi publik di Indonesia mengalami perubahan mengarah kepada perbaikan pengelolaan dan pelayanan informasi publik sebagai tujuan yang diamanatkan oleh UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik," ujarnya.
 
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin mengatakan, penganugerahan ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi badan publik untuk terus mengakselerasi upaya-upaya terbaik mengenai keterbukaan informasi melalui berbagai inovasi yang tiada henti. Pengelolaan keterbukaan informasi ini dilakukan dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat guna terwujudnya tata kelola pemerintah yang baik dan transparan. 
 
Hasil penilaian ini diharapkan menjadi sarana introspeksi badan publik untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dan produktivitasnya walaupun di tengah pandemi covid-19," ujar Ma'ruf.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif