Siswa MAN 2 Kudus, Donata Nu’ma Fawaaz Nailah Machfudz (tengah). Foto: Dok. Kemenag
Siswa MAN 2 Kudus, Donata Nu’ma Fawaaz Nailah Machfudz (tengah). Foto: Dok. Kemenag

Raih Beasiswa Pertukaran Pelajar, Siswi MAN 2 Kudus Bakal Terbang ke Amerika

Pendidikan Amerika Serikat Beasiswa pelajar Madrasah
Citra Larasati • 15 April 2022 10:00
Jakarta:  Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus Donata Nu’ma Fawaaz Nailah Machfudz, berhasil mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar dan menempuh pendidikan di Amerika selama satu tahun ke depan. Beasiswa tersebut, diselenggarakan oleh American Field Service (AFS) dan US Departement of State melalui program beasiswa pertukaran pelajar Kennedy Lugar Youth Exchange and Study (KL-YES) 2022.
 
Kepala MAN 2 Kudus H. Shofi menjelaskan bahwa siswi kelas X 1 IPA itu akan berangkat ke negeri paman sam itu pada Agustus mendatang hingga Juni tahun depan di Amerika. “Keberhasilan ini tentu tidak lepas dari dukungan banyak pihak.  Wabilkhusus kepada Kepala Program Billingual Class System (BCS) Bahasa Bapak M. Khodrotun Naja yang intensif di dalam melakukan bimbingan dan penjaringan,” kata Shofi di Kudus, Kamis, 14 April 2022.
 
Shofi melanjutkan bahwa lolosnya siswi pada pertukaran pelajar tahun 2021 ini merupakan keberhasilan program unggulan di BCS sains di bidang bahasa. Sebab, hampir setiap tahun madrasah memberikan dukungan dan mendukung setiap kesempatan agar siswa MAN 2 Kudus mampu bersaing dan meningkat dari tahun ketahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, lanjut Shofi, siswa MAN 2 Kudus tidak yang pertama yang lolos dan berangkat ke Amerika.  Shofi menjelaskan, bahwa pada tahap seleksi kali ini diikuti oleh 36 ribu siswa yang tersebar di Indonesia dan diambil hanya 70 siswa terbaik.
 
“Awalnya ia ikut seleksi regional Jawa Tengah yang diikuti oleh sekitar 6.000 siswa, sejak bulan Agustus 2021. Dari Jawa Tengah sendiri hanya 3 yang lolos seleksi Internasional,” terang Shofi.
 
Baca juga:  Cerita Mita Belajar SBMPTN Sembari Jaga Dagangan di Kantin Hingga Lulus Cumlaude dari UNY
 
Sedangkan menurut Donata, ia memberikan tips agar lolos dan bisa berangkat ke Amerika adalah dengan selalu meningkatkan semangat belajar. Mulai memperkaya kemampuan bahasa asing hingga berdoa setiap usai salat subuh, “Aku lakukan ini rutin setiap kali usai salat subuh,” kata Donata.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif