Ilustrasi. Dokumentasi UNS
Ilustrasi. Dokumentasi UNS

Mengenal Pusat Studi Pengamalan Pancasila Milik UNS

Pendidikan hari lahir pancasila
Muhammad Syahrul Ramadhan • 01 Juni 2020 23:09
Jakarta: Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, mengukuhkan diri sebagai pelopor dan benteng Pancasila. Salah satu upayanya, dengan membentuk Pusat Studi Pengamalan Pancasila (PSPP).
 
"UNS telah mengukuhkan sebagai benteng pelopor Pancasila," kata Rektor UNS Jamal Wiwoho dalam diskusi kebangsaan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS bertajuk 'Hari Lahir Pancasila' di kanal Youtube UNS, Senin, 1 Juni 2020.
 
Kepala PSPP UNS Hermanu Joebagio menyampaikan lembaga yang terbentuk pada 2018 ini terus berupaya menyusun program agar bisa mewujudkan UNS sebagai benteng dan pelopor Pancasila melalui gerakan mahasiswa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga menyebut saat ini juga ada tempat berupa co-working space bagi mahasiswa. Lokasi itu jadi tempat mahasiswa berdiskusi, menonton film, dan melakukan kegiatan lainnya untuk studi tentang Pancasila.
 
Baca:Pandemi Momentum Tunjukkan Semangat Membumikan Nilai Pancasila
 
Hermanu menyampaikan program yang sekarang digodok adalah Senandung Nusantara. Harapanya, mahasiswa bisa saling bertukar pikiran tentang Pancasila.
 
"Itu senandungnya mahasiswa yang dari berbagai kawasan nusantara, dari Papua, Aceh, Nusa Tenggara Timur, bicara tentang kebangsaan dan pancasila. Itu hal yang menarik,” ujarnya.
 
Meski sudah berlangsung selama satu tahun, kata dia, masih perlu riset mendalam untuk mengetahui dampak postif dari PSPP. "Sudah mulai menata, karena masih baru, itu perlu program dan riset mengukur seberapa besar program itu berhasil ," ujarnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif