Islam Nurul Yaqin (kedua dari kanan). Foto: Sevima
Islam Nurul Yaqin (kedua dari kanan). Foto: Sevima

Melepas Kesempatan Kuliah di PTN, Anak Tukang Kerupuk Ini Raih Beasiswa Semesta di Binus

Citra Larasati • 10 Agustus 2022 11:44
Jakarta:  Islam Nurul Yaqin, remaja asal Tasikmalaya Jawa Barat mengaku sempat pupus harapan untuk dapat melanjutkan kuliah seperti teman-temannya. Biaya kuliah yang tinggi membuatnya berpikir untuk tak ingin membebani Iyun, sang ayah, yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang kerupuk keliling.
 
“Saya sudah sempat mendaftar di Kampus Negeri dan diterima. Namun berat untuk mengambilnya karena dagangan ayah juga kian menurun setelah Pandemi covid-19,” kenang Islam dalam Penganugerahan Beasiswa SEMESTA di Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Namun kegigihannya untuk kuliah tak kunjung padam.  Islam menempuh berbagai jalur alternatif agar dapat mengatasi kendala biaya kuliah yang tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga ia pun bertemu dengan seleksi Beasiswa SEMESTA secara diam-diam tanpa sepengetahuan orang tuanya. Selama proses seleksi, Islam menunjukkan keahliannya dalam membuat aplikasi dan meng-install-nya ke server online (docking) hanya dalam waktu semalam.
 
Biasanya, proses meng-install suatu aplikasi online bisa berlangsung hingga berbulan-bulan. Kemahirannya di bidang IT membuat Islam menjadi salah satu dari 50 pemenang Beasiswa SEMESTA.
 
Beasiswa ini memberi kesempatan untuk berkuliah pada jurusan di Teknik Informatika (IT) di kampus seluruh Indonesia yang telah bekerja sama dengan SEVIMA, senilai total Rp1 miliar. Sambil kuliah, pemenang juga akan mendapatkan kesempatan berkarya dan digaji oleh Education Technology SEVIMA (PT. Sentra Vidya Utama).
 
“Saya memilih berkuliah di Sistem Informasi Binus University. Jadi dengan Beasiswa SEMESTA ini, saya sambil kuliah, sambil bantu-bantulah kerja buat keluarga,” ungkap Islam.
 
 
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif