Pemberian penghargaan UI GreenMetric kepada Telkom University. Foto: Humas Tel-U.
Pemberian penghargaan UI GreenMetric kepada Telkom University. Foto: Humas Tel-U.

Telkom University Kembali Jadi PTS Terbaik Versi UI GreenMetric

Arga sumantri • 15 Desember 2021 14:19
Bandung: Telkom University (Tel-U) kembali meraih peringkat ke-9 dalam pemeringkatan UI GreenMetric (UIGM) 2021 di Indonesia. Posisi ini sekaligus menempatkan Tel-U menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) nomor 1 versi UIGM 2021. 
 
Pada pemeringkatan dunia, Tel-U berhasil naik dari peringkat ke-123 pada tahun lalu menjadi 102. Informasi ini dirilis berdasarkan pengumuman UI GreenMetric World University Rankings 2021 yang dilakukan secara virtual pada Selasa, 14 Desember 2021.
 
Rektor Telkom University Adiwijaya mengungkapkan, keberhasilan dalam menjaga sustainability kampus ini merupakan jerih payah para sivitas akademika Tel-U. Kampus mitra program Beasiswa OSC Medcom.id ini berkomitmen menjaga sustainability campus dan Indonesia, karenanya semua kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat difokuskan  pada pemenuhan Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Capaian ini tentunya  terwujud karena kolaborasi sivitas akademika, alumni, dan stakeholder Telkom University yang berkomitmen menjaga amanah pengembangan berkelanjutan," kata Adiwijaya, dalam keterangannya, Rabu, 15 Desember 2021.
 
Baca: UMI Gelar Pesantren Kilat Bagi Mahasiswa Baru
 
Ia mengatakan, capaian ini membahagiakan sekaligus jadi amanah. Diharapkan, seluruh sivitas akademika di seluruh Indonesia terinspirasi untuk terus berkontribusi menjaga lingkungan dan menjadi keberkahan bagi Indonesia.
 
Rektor UI Ari Kuncoro mengutarakan, adanya peningkatan peserta pada UIGM tahun ini adalah disrupsi yang terjadi. Pandemi menyadarkan banyak pihak pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.
 
"Pandemi ini juga menjadi disrupsi bagi kehidupan dan kegiatan akademik di kampus masing-masing. Namun pandemi ini juga memberikan kesempatan untuk merefleksikan dan mendefinisikan cara kita mengelola perguruan tinggi," ujar Ari.
 
Ketua UI GreenMetric Riri Fitri Sari mengapresiasi setiap perguruan tinggi yang mengikuti UI GreenMetric ini. Ia berharap sivitas akademika terus membangun universitasnya masing-masing, tidak hanya bagi UIGM, namun lebih kepada kontribusi bagi lingkungan.
 
"UI GreenMetric pada semester ini juga telah berkolaborasi dengan 7 Universitas dari 7 Negara, sehingga pada semester ini kita sudah melaksanakan online learning yang diikuti oleh hampir 100 mahasiswa dengan 31 profesor," ungkap Riri.
 
Sebagai Informasi, UI GreenMetric merupakan sebuah metrik inovasi milik UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.
 
Pada tahun ini, peserta UI GreenMetric mencapai 957 universitas dari 80 negara di dunia, bertambah dari 2020, sebanyak 912 Perguruan Tinggi dari 85 negara. Sedangkan untuk Indonesia, jumlah perserta meningkat dari sebelumnya (2020) sebanyak 88 universitas menjadi 101 universitas.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif