Rektor UMI, Basri Modding. Tangkapan layar siaran Instagram osc_medcom.
Rektor UMI, Basri Modding. Tangkapan layar siaran Instagram osc_medcom.

UMI Gelar Pesantren Kilat Bagi Mahasiswa Baru

Ilham Pratama Putra • 14 Desember 2021 11:43
Jakarta: Pesantren virtual menjadi budaya penerimaan mahasiswa baru di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Pesantren virtual ini digelar untuk membentuk karakter mahasiswa baru.
 
"Jadi mahasiswa baru itu pas pertama dia diterima ada pesantren kilat selama tiga hari," ujar Rektor UMI, Basri Modding dalam konferensi pers virtual, Selasa 14 Desember 2021.
 
Selanjutnya, ketika masuk masa perkuliahan semester pertama kegiatan pesantren tersebut kembali dilaksanakan. Namun pada semester pertama, kegiatan pesantren mencapai 40 hari. "Pas masuk kuliah ini 40 hari. Tapi karena pandemi itu 20 hari secara daring," tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kegiatan pesantren virtual tersebut mahasiswa baru melakukan zikir, sholat dhuha secara virtual. Kegiatan merka diawasi oleh pimpinan fakultas masing-masing.
 
Baca: Dosen UKDW Raih Best Presenter Award di International Office Conference 2021
 
Selain kegiatan ibadah, materi pembentukan karakter juga masuk dalam kegiatan pesantren virtual tersebut. Mulai dari pembentukan karakter moral hingga kinerja.
 
"Visinya mahasiswa kita amaliyah dan punya akhlakul karimah, menghasilkan manusia cerdas berfikir. Ini semua sivitas akademika, yang mau jadi pejabat juga tidak boleh mengajukan diri kalau belum pencerahan kalbu. Harus di pesantren dulu, itu salah satu prasyarat," sambung dia.
 
Dengan begitu dia memastikan jika warga UMI merupakan insan yang istimewa. Menurutnya langkah ini bakal membuat sumber daya manusia dari UMI ialah manusia yang berkarakter kuat.
 
"Jadi UMI bercerita warga sivitasnya selamat dunia akhirat. Membuat manusia berilmu dan berakhlak, makanya mahasiswanya itu dipesantrenkan," tutupnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif