Ilustrasi Untar. MI
Ilustrasi Untar. MI

8 Keunggulan Universitas Tarumanegara, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Medcom • 15 Februari 2022 15:21
Jakarta: Perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia masih kerap dipandang sebelah mata. Padahal, banyak PTS yang kualitasnya tak kalah bagus dibandingkan dengan universitas negeri.
 
Salah satu PTS terkemuka ialah Universitas Tarumanegara atau Untar. Kampus yang berlokasi di Jakarta Barat ini terkenal tak pernah sepi peminat.
 
Hal ini tak mengherankan, sebab Untar senantiasa melakukan berbagai pembenahan yang membuat menjadi pilihan terbaik bagi calon mahasiswa. Hingga saat ini, Untar memiliki sembilan fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, dan Fakultas Pascasarjana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada sederet alasan lain yang menjadikan Untar salah satu kampus terbaik. Dilansir dari laman Quipper, berikut delapan keunggulan yang dimiliki Universitas Tarumanegara:

1. Terakreditasi A oleh BAN-PT

Akreditasi merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan saat memilih kampus tujuan. Sebab, hal ini dapat menjadi indikator kualitas pendidikan di perguruan tinggi tersebut.
 
Nah, Universitas Tarumanegara secara institusi telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Penilaian ini tertuang dalam keputusan BAN-PT Nomor 3123/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017.
 
Tak cuma itu, hampir semua program studi sarjana (S1) di Untar juga terakreditasi A. Di antaranya jurusan Akuntansi, Manajemen, Hukum, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Mesin, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Kedokteran, Psikologi, Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Komunikasi.
 

2. Terakreditasi IABEE

Beberapa program studi di Untar juga memiliki akreditasi internasional yang dikeluarkan Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Program studi yang dimaksud ialah Teknik Mesin dan Teknik Sipil.
 
IABEE adalah lembaga akreditasi independen Indonesia yang merupakan bagian dari Washington Accord, yaitu perjanjian kerja sama internasional pada bidang akreditasi program studi keteknikan di bawah naungan International Engineering Alliance (IEA).
 
Program studi yang mengantongi akreditasi ini dianggap mampu menghasilkan lulusan berstandar internasional. Mereka dinilai dapat menguasai berbagai substansi keilmuan sebagaimana yang disepakati dalam perjanjian Washington Accord.
 
Dengan kata lain, lulusan Teknik Mesin dan Teknik Sipil Untar tak hanya berpotensi bekerja di dalam negeri, melainkan juga dapat berkarier di negeri orang. Hal ini tentu menjadi privilege bagi mereka yang ingin meniti karier di luar negeri.

3. Perpustakaan terakreditasi A

Perpustakaan Untar juga mendapat akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Indonesia. Penilaian termaktub dalam sertifikat Nomor 00074/LAP.T/I.2019 ini berarti pengelolaan perpustakaan di Untar memenuhi standar yang ditentukan.

4. Memiliki program sertifikasi internasional

Untar juga memfasilitasi mahasiswanya dengan sertifikasi internasional. Terdapat dua program yang tersedia, yakni Certified Practising Accountant - Australia (CPA Australia) dan Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW).
 
Program sertifikasi internasional ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang berkuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. CPA Australia merupakan sertifikasi yang bergerak di bidang keuangan dan bisnis, sedangkan ICAEW adalah program sertifikasi oleh organisasi internasional profesional bidang akuntansi.
 

5. Memiliki sertifikasi ISO 9001:2015

Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan standar internasional yang menunjukkan kualitas sistem manajemen suatu institusi. Sertifikasi ini menunjukkan Untar memiliki kualitas manajemen yang baik.

6. Masuk ke peringkat kampus terbaik di Indonesia

Berkat pencapaian dan berbagai sertifikasi internasional, Untar berhasil masuk ke jajaran kampus terbaik di Indonesia.
 
Berdasarkan QS Asia University Ranking 2021, Untar menempati peringkat 30 dalam kategori universitas terbaik di Indonesia. Selain itu, kampus yang berdiri sejak 1959 ini juga menduduki peringkat 3 dari 50 universitas berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi terbaik yang dirilis oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020.

7. Peringkat 1 dalam kategori kegiatan kemahasiswaan

Untar tidak hanya meningkatkan kualitas akademiknya saja, tetapi juga kegiatan kemahasiswaan non-akademik. Hasilnya, kampus tersebut berhasil menduduki peringkat 1 dalam kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tingkat nasional.

8. Mencetak prestasi di MURI

Kualitas pendidikan Untar yang baik tak terlepas dari peran tenaga pengajar. Salah satu dosen Untar bahkan tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor yang tercetak ialah dosen tersebut memiliki 13 gelar akademis.
 
Itulah sejumlah keunggulan Universitas Tarumanegara yang patut dipertimbangkan calon mahasiswa. Melihat berbagai pencapaian tersebut, dapat disimpulkan perguruan tinggi swasta juga memiliki kualitas yang tak kalah bagus dibandingkan dengan universitas negeri ya, Sobat Medcom! (Nurisma Rahmatika)
 
(REN)
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif