Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani.
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani.

Pesan Jokowi di Dies Natalis ke-15 UMN

Pendidikan Jokowi beasiswa osc Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 25 November 2021 10:59
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menyampaikan selamat Dies Natalis ke-15 untuk Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Jokowi menilai UMN konsisten mengembangkan semangat kewirausahaan dan menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
 
"Saya berharap Universitas Multimedia Nusantara terus menjadi yang terdepan dalam mengantisipasi perkembangan masa depan dalam memanfaatkan dan mengembangkan teknologi termasuk teknologi di dunia pendidikan yang berkembang sangat pesat," kata Jokowi dalam webinar Dies Natalis ke-15 UMN secara virtual, Kamis, 25 November 2021.
 
Jokowi mengatakan, di dunia yang penuh disrupsi sekarang ini banyak pengetahuan, keterampilan, dan pekerjaan yang menjadi tidak relevan lagi. Tetapi banyak, juga pekerjaan baru yang memberikan peluang dan membutuhkan pengetahuan dan keterampilan baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Oleh karena itu materi dan metode pembelajaran harus selalu di-update, harus diperbaharui, sesuai dengan perkembangan zaman," ujarnya.
 
Menurut Jokowi, perspektif technopreneur yang selama ini menjadi keunggulan UMN sangat penting untuk diperkuat. UMN diharapkan terus melatih mahasiswa untuk memecahkan masalah sosial, masalah kemanusiaan, dan masalah kebangsaan dengan memanfaatkan teknologi secara inovatif dan berkewirausahaan dengan perspektif yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. 
 
Baca: Ahasveros, Karya UMN Jadi Film Animasi Pendek Terbaik FFI 2021
 
Jokowi menambahkan, pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan inovasi yang berwawasan kewirausahaan dan berkelanjutan adalah kunci untuk menjadi negara maju. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan, Indonesia harus secepatnya keluar dari jebakan negara pengekspor bahan mentah dan  memperkokoh industrialisasi hijau, memanfaatkan green technology. 
 
"Langkah pembangunan kita harus memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi perekonomian nasional, menciptakan lapangan kerja yang semakin banyak menurunkan angka pengangguran dan juga sekaligus menekan angka kemiskinan," ungkapnya.
 
Kepala negara menekankan, pekerjaan besar tersebut tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memberikan kontribusi. Kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri dan masyarakat luas menjadi sangat penting. 
 
"Kita butuh para peneliti dan ilmuwan hebat, tetapi kita butuh para entrepreneur, para technopreneur yang sangat banyak, yang merintis diri menjadi industriawan hebat dan menjadikan indonesia menjadi negara industri yang berpengaruh," ungkapnya.
 
Mantan Wali Kota Solo itu berharap perguruan tinggi di seluruh Indonesia semakin serius bergerak ke arah cita-cita tersebut. Dengan jumlah mahasiswa Indonesia yang sekitar 8 juta orang, Jokowi yakin akan menjadi kekuatan besar untuk menggerakkan transformasi Indonesia.
 
"Menjadikan indonesia negara industri yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan, menjadi Indonesia maju yang kita cita-citakan. Itu saja yang ingin saya sampaikan dan sekali lagi selamat Dies Natalis ke-15 Universitas Multimedia Nusantara," ucap Jokowi.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif