UKDW gelar pameran Hasil Karya PKKM Desain Produk. Foto: Humas UKDW.
UKDW gelar pameran Hasil Karya PKKM Desain Produk. Foto: Humas UKDW.

FAD UKDW Adakan Pameran Hasil Karya PKKM Desain Produk

Arga sumantri • 29 Oktober 2021 11:26
Yogyakarta: Mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Produk Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) memamerkan hasil karya mereka dalam rangkaian Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) bertajuk Gelar Desain 2021: Ekologi Kreatif Kampus Merdeka. Acara ini diselenggarakan pada 27-29 Oktober 2021 di Uwitan Craft Space, Kabupaten Sleman.
 
Dosen Desain Produk UKDW Marcellino A. Mahendra menyampaikan Prodi Desain Produk UKDW memiliki agenda pameran yang rutin diadakan yakni Gelar Desain (GEDE) sejak 2008. Tema pameran ini juga merupakan ajang bagi mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk menampilkan pencapaian hasil karya desain produk dalam jejaring dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). 
 
"Ekologi hubungan antara mahasiswa mitra mentor, kurator, pameran hasil karya PKKM Desain Produk UKDW (Gelar Desain 2021) merupakan salah satu aktivitas penting bagi mahasiswa atau lulusan untuk membangun rekam jejak profesional mahasiswa sebagai calon desainer produk," kata Marcellino dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Panitia acara itu mengungkapkan aktivitas pameran karya desain juga diselenggarakan secara daring dengan menampilkan hasil pembelajaran dalam bidang desain produk. Khususnya, luaran program Magang Industri Kampus Merdeka (MIKM) dan program Wirausaha Desain Kampus Merdeka (WDKM).
 
"Selama masa pandemi covid-19, publikasi pameran juga dapat diakses melalui laman website dan media sosial sehingga menarik bagi mahasiswa, mitra, dan masyarakat luas," ujarnya.
 
Baca: Ini Daftar 11 Prodi di UKDW untuk Peserta Beasiswa OSC
 
Ia menambahkan, pameran desain produk juga menjadi upaya hilirisasi luaran program MBKM sehingga bermanfaat bagi kesiapan lulusan mahasiswa yang akan memasuki Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).
 
Sementara itu, Ketua Prodi Desain Produk UKDW Kristian Oentoro mengatakan,  dalam kesempatan yang berbeda diadakan juga ramah tamah sekaligus penandatanganan dokumen kerja sama program dalam rangkaian aktivitas pembelajaran MBKM, antara Prodi Despro UKDW dengan beberapa mitra. Di antaranya CV. Uwitan, CV. Pandanus Internusa, Pratama Rotan Furniture, Rosse Bambu, Yayasan Penyandang Cacat Mandiri Yogyakarta, Pusat Rehabilitasi YAKKUM, Alive Jewellery, Little Story, Thirteencraft, PIRUS, dan Centralab3D.
 
Pengembangan kerja sama dan pameran hasil karya ini merupakan implementasi program MIKM dan program WDKM sebagai bentuk kegiatan pembelajaran mahasiswa Prodi Desain Produk di luar kampus. 
 
"Selain itu, kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antara mahasiswa dan mitra industri dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada MBKM," ujar Kristian.
 
Pembukaan pameran di Uwitan Craft Space dilakukan secara hybrid oleh Rektor UKDW Henry Feriadi, Ketua Tim Task Force Hibah PKKM Charis Amarantini, dan pemilik Uwitan Craft Space Aji Akbar Titimangsa. Pameran dihadiri mitra-mitra MIKM dan WDKM, pejabat struktural UKDW, FAD, dan Prodi Desain Produk. 
 
Ketua RT 02, Ketua RW 19, dan warga setempat pun turut hadir dan menyambut baik kegiatan ini. Sebagai tanda pengukuhan sinergitas perguruan tinggi, DUDI, dan pemerintah maka dilakukan penanaman pohon jati sebagai simbol sinergitas untuk mendukung pertumbuhan ekologi kreatif.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif