Recon PR 2024. DOK Unika Atma Jaya
Recon PR 2024. DOK Unika Atma Jaya

Sustainability Communication Gen Z Penentu Keberhasilan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia

Renatha Swasty • 28 Agustus 2024 11:03
Jakarta: Generasi Z (Gen Z) memiliki posisi sentral dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan berkelanjutan seperti tertuang dalam visi Indonesia emas 2045 ‘Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan’. Namun, keberhasilan itu perlu dibarengi sustainability communication.
 
Hal itu mengemuka pada diskusi komunikasi dan peran praktisi PR muda kolaborasi Perhumas Muda Jakarta Raya dengan Unika Atma Jaya Jakarta. Perhumas Muda Jakarta Raya melalui program Reconciliation Public Relations (Recon PR) 2024 mengusung tema “The Power of Youth: Gen Z The Catalysts of Change.”
 
“Generasi Z merupakan generasi emas 2045. Perannya sangat sentral dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan pada Indonesia Emas 2045. Semuanya itu tentunya bergantung pada intensitas aktivitas komunikasi dari Gen Z mengenai communication sustainability itu sendiri,” kata Ketua Umum Perhimpunan Humas Indonesia (Perhumas) Boy Kelana Subroto dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Rabu, 28 Agustus 2024.

Boy mengatakan generasi muda perlu belajar banyak dari tokoh muda Indonesia yang mengukir sejarah emas untuk masa depan Indonesia. Di usia 20 tahunan dan 30 tahunan, mereka berjuang menjadi game changer dan penentu masa depan Indonesia.
 
“Nama-nama seperti Ir. Soekarno, Adam Malik, R.A. Kartini, serta Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah yang meraih emas pada Olimpiade Paris 2024,” kata Head of Corporate Communication Astra International itu.
 
Diskusi berlangsung dalam dua sesi itu menyoroti peran penting Generasi Z dalam mendorong perubahan positif melalui public relations (humas) dalam mendukung prinsip-prinsip SDGs (Sustainable Development Goals). SDGs menuntut sektor korporasi bertindak secara bertanggung jawab mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi, atau bisnis yang berkelanjutan di sektor lingkungan, sosial dan tata Kelola (ESG).
 
Lecturer of Communication for Sustainable Development di Universitas Multimedia Nusantara, Maria Advenita Gita Elmada, mengatakan humas mempunyai tugas untuk memberdayakan orang lain. Hal itu supaya bisa berkomunikasi dan mencapai tujuan bersama.
 
“Itulah super power kita, kemampuan komunikasi untuk membuat orang lain juga bisa berbicara dan bertindak dalam mencapai sasaran SDGs," kata Maria.
 
Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations (APPRI), Sari Soegondo , menekankan SDGs bukan sekadar slogan, tapi sebuah kerangka pembangunan yang terintegrasi dalam pembangunan nasional. Sumber daya alam semakin langka, dan pembangunan berkelanjutan menjadi keharusan untuk masa depan.
 
“Salah satu agenda SGD’s mengusulkan adanya SDG ke-18: Communication for All. Di mana perlu ada pihak yang mengomunikasikan apa yang menjadi kebutuhan kita, karena masih banyak orang yang tidak bisa menyuarakan aspirasinya,” kata Sari.
 
Kenny Ivanzaky Augusta, Partner Development Manager Google Indonesia menekankan pentingnya berani mencoba dan mengambil inisiatif, "You don’t have to be great to start but you have to start to be great. Saatnya genarasi muda harus berani memulai sesuatu, jangan takut dengan hasilnya. Just do trial and error," ujarnya.
 
Alryan M. Irawan, Sustainability Consultant, menyebut pendidikan juga harus diarahkan pada pengembangan inovasi terkait SDGs agar dapat diimplementasikan dengan baik. SDGs bukan sekadar framework atau gaya hidup, tetapi juga harapan dan mimpi dari generasi masa depan.
 
Sedangkan, Ferdinand Adi Nugroho, Marketing and Communications Specialist dari Accenture menggarisbawahi pentingnya mengambil setiap kesempatan yang ada. Kalau ada kesempatan, segera ambil. Kalau tidak ada, cari. Karena kesempatan tidak akan datang dua kali. “Just do your best," kata alumni Atma Jaya itu.
 
Recon PR 2024 merupakan bagian dari rangkaian Road to World Public Relations Forum (WPRF) yang akan berlangsung 19-22 November 2024 di Bali. Perhumas ditetapkan oleh Global Aliance dan untuk pertamakali menjadi tuan rumah bagi perhelatan internasional tersebut.
 
Recon PR 2024 menawarkan peluang besar bagi generasi muda untuk berkolaborasi, berinovasi, dan memperdalam pemahaman mereka tentang pentingnya narasi yang bermakna dalam mendukung prinsip-prinsip ESG. Acara ini juga menjadi ajang personal branding bagi Perhumas Muda.
 
Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan generasi muda tentang pentingnya narasi bermakna dalam mendukung prinsip-prinsip ESG dan membangun masa depan yang lebih hijau.
 
Baca juga: Unika Atma Jaya Gelar FGD untuk Mitigasi Sampah Antariksa 

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(REN)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan