Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Ma'ruf Lebih Senang Istilah Silaturahmi daripada Kampanye

Pemilu Jokowi-Ma`ruf
M Sholahadhin Azhar • 10 Desember 2018 15:58
Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin merespons pernyataan Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Erick Thohir soal silaturahmi. Ia mengamini hal tersebut karena silaturahmi lebih diterima kalangan ulama, rekan sejawat Ma'ruf.
 
"Saya bersilaturahmi ke daerah-daerah seperti Jawa Timur, Jateng, Medan, dan Lampung. Karena objek-objek pertemuan saya itu ulama," ujar Ma'ruf di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 10 Desember 2018.
 
Menurut Ma'ruf, istilah tersebut melekat dalam persaudaraan antarulama. Lebih akrab bersilaturahmi dibandingkan dengan menggunakan istilah kampanye. Sebab, kata dia, yang dilakukannya jauh dari kesan kampanye.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama silaturahmi, ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyambung persaudaraan. Sekaligus memberi informasi bahwa dirinya akan maju di Pilpres 2019.
 
Tak ada pengaruh terkait dukung mendukung, sebab sudah sejak lama Ma'ruf bersaudara dengan ulama dan kiai yang dikunjunginya.
 
"Bukan kita memengaruhi mereka, tetapi itu sudah terjalin," tegas Ma'ruf.
 
Baca: Ma'ruf Amin Janjikan Kejutan di Awal 2019
 
Untuk urusan kampanye, Ma'ruf menyatakan akan memulainya pada Januari 2019. Sejauh ini, TKN telah menyusun strategi-strategi jitu terkait hal ini. Utamanya mengupayakan kemenangan di 10 wilayah Indonesia.
 
Daerah seperti Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta, kata Ma'ruf, termasuk dalam 10 daerah prioritas itu. Sebab, wilayah-wilayah tersebut merupakan lumbung suara strategis bagi dia.
 
"Januari nanti kita anggap strategis untuk mengubah dan memperbesar elektabilitas di seluruh Indonesia, terutama di 10 wilayah yang kita petakan," sebut Ma'ruf.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif