Ilustrasi Mahkamah Konstitusi - ANT/Hafidz Mubarak.
Ilustrasi Mahkamah Konstitusi - ANT/Hafidz Mubarak.

Siang Ini MK Bacakan Putusan Sengketa Pilpres

Pemilu Sidang Sengketa Pilpres 2019
27 Juni 2019 07:18
Jakarta: Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi bakal membacakan putusan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) pemilihan presiden (Pilpres) 2019 hari ini, Kamis, 27 Juni 2019. Sidang diagendakan berlangsung pukul 12.30 WIB.
 
Sidang bakal langsung dipimpin oleh Ketua MK Anwar Usman didampingi delapan hakim anggota. Sebelum sidang putusan, majelis hakim sudah lebih dulu menggelar rapat permusyawaratan hakim (RPH) secara tertutup. RPH dimulai sejak Senin, 24 Juni 2019.
 
MK menggelar sidang sengketa pilpres sejak 14 Juni 2019. Sidang dimulai dengan pembacaaan permohonan oleh pemohon dalam hal ini kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Pakar: MK Telah Bersikap Adil di Sidang Sengketa)
 
Sidang dilanjutkan dengan pembacaan jawaban dari termohon yakni Komisi Pemilihan Umum, pembacaan keterangan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan pihak terkait yakni kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Pembacaan jawaban itu berlangsung pada Selasa, 18 Juni 2019.
 
Kemudian sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi-saksi baik dari pihak pemohon, termohon maupun pihak terkait. Bawaslu tak mengajukan saksi.
 
Sidang pembacaan putusan hari ini merupakan upaya hukum terakhir dari kubu paslon 02 untuk menggugat hasil pemilihan presiden. Setelah pembacaan putusan, KPU bisa menetapkan presiden-wakil presiden terpilih periode 2019-2024.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif