Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi/Medcom.id/Faisal Abdalla
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi/Medcom.id/Faisal Abdalla

Kisi-kisi Pertanyaan Debat Mengelaborasi Visi Misi Paslon

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 07 Januari 2019 15:03
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan memberikan 'bocoran' pertanyaan debat Pilpres 2019 ke semua kandidat. 'Bocoran' bertujuan mengelaborasi visi dan misi pasangan calon (paslon).

"Pertimbangannya karena kami ingin agar kandidat betul-betul lebih mengedepankan eksplorasi gagasan, ide, visi, dan misinya," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin, 7 Januari 2019.

Baca: Kisi-kisi Pertanyaan Debat Usulan Kubu Prabowo

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



KPU khawatir jawaban paslon akan kehilangan substansi jika diberikan spontan. Keputusan sudah disepakati tim kampanye dua paslon. KPU meminta perwakilan tim yang hadir menyampaikan isi kesepakatan ke seluruh jajaran tim kampanye. DIteruskannya informasi sangat penting agar tak menimbulkan kegaduhan.

"Mereka punya tanggung jawab menjelaskan ke koalisinya, kepada sesama jubir, tim koalisi masing-masing juga pada konstituennya. Menjelaskan kenapa kesepakatan ini diambil, argumennya apa, dan apa kelebihan dan kekurangannya. Itu jadi tanggung jawab masing-masing tim kampanye yang menghadiri rapat," terang Pramono.

Baca: Bocoran Kisi-Kisi Debat Capres Detail Jawab Persoalan

Debat perdana capres-cawapres dijadwalkan 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Agenda diselenggarakan dengan format debat antarpasangan capres dan cawapres. Isu yang akan diangkat meliputi hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.


(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi