Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sani--Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sani--Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Bocoran Kisi-Kisi Debat Capres Detail Jawab Persoalan

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 07 Januari 2019 13:09
Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sani menanggapi positif kisi-kisi pertanyaan debat calon presiden disampaikan di awal. Dengan begitu, pasangan capres/cawapres lebih detail menjawab persoalan.
 
"Supaya kalau paslon ini sudah mengetahui, maka ketika itu ditanyakan jawabannya lebih detail, tidak sekadarnya saja," kata Arsul di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 7 Januari 2018.
 
Kata Arsul, capres/cawapres akan mempersiapkan jawaban berdasarkan fakta dan data. Pertanyaan yang dilontarkan panelis bisa dikuasai tidak sekedar menjawab secara normatif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau orang enggak tahu kan, barang kali enggak bawa data, juga belum secara internal didiskusikan, jawaban hanya seminimal mungkin. Tentu ada sisi positif dan negatif," ujarnya.
 
Baca: Kisi-kisi Pertanyaan Debat Usulan Kubu Prabowo
 
TKN mempersilakan sepenuhnya kebijakan ini kepada KPU. Kalau pun, kisi-kisi pertanyaan debat tidak jadi dibocorkan TKN tak masalah. "Mau disampaikan terlebih dahulu monggo, kami mengapresiasi itu, tidak disampaikan pun ya kami tidak menuntut," pungkasnya.
 
Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman mengaku seluruh pertanyaan debat Pilpres 2019 akan rampung sebelum Kamis, 10 Januari 2019.
 
Arief menyebut tiap paslon akan menjawab pertanyaan dalam dua model. Pertama pertanyaan langsung pada paslon, kedua paslon bisa memilih tema pertanyaan yang diinginkan.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif