Budayawan: Jokowi Ingin Ganti Kultur Politik Kasar

Siti Yona Hukmana 06 November 2018 13:42 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Budayawan: Jokowi Ingin Ganti Kultur Politik Kasar
Budayawan Radhar Panca Dahana/Medcom.id/Yona
Jakarta:Budayawan Radhar Panca Dahana menangkap maksud khusus Joko Widodo soal hijrah. Menurut dia, calon presiden nomor urut 01 itu ingin mengubah kultur politik Indonesia.

"Mengganti kultur berpolitik yang selama ini menurut saya mengikuti modus negara lain seperti Eropa, Jepang dan Korea yang menggunakan cara-cara kasar dan tidak senonoh," kata Radhar di Kompleks Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Selasa, 6 November 2018.


Baca: Saatnya Hijrah Menuju Kebaikan

Politik kasar dan tidak senonoh tidak sesuai kebudayaan Indonesia. Namun, ia mengakui kebiasaan berpolitik seperti itu sudah terlanjur terjadi beberapa dekade.

"Nah, Jokowi menganjurkan supaya hijrah ke budaya kita yang sesungguhnya, yang santun beretika, penuh moralitas dan menjaga kesatuan. Jadi bukan hijrah ke mana-mana, tapi hijrah kembali ke kesejatian kita," terang dia.

Baca: Ajakan Hijrah Jokowi Dinilai Tepat

Dunia politik Indonesia diyakini lebih baik bila kehendak Jokowi itu benar-benar terwujud. Hijrah yang menjadi buah pikir orang nomor satu di Indonesia itu akan pula mewujudkan revolusi mental.

"Itu hijrah dari kultur merugikan, dari destruktif jadi positif konstruktif dan menguntungkan," ucap dia.

Sebelumnya, Jokowi mengajak masyarakat hijrah menjadi pribadi lebih baik. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga persatuan, kesatuan, dan persaudaraan antarmasyarakat.

"Saya mengajak kita semuanya mari kita bersama-sama mulai hijrah dari ujaran-ujaran kebencian ke ujaran-ujaran kebenaran," ujar Jokowi dalam deklarasi dukungan ulama, pendekar Banten, dan Relawan Banten Bersatu di GOR Maulana Yusuf, Serang, Banten, Sabtu, 3 November 2018.



(OJE)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id