Juru debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno - MI/M irfan.
Juru debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno - MI/M irfan.

Kubu Prabowo Santai Hadapi Isu HAM di Debat

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019 Prabowo-Sandi
Whisnu Mardiansyah • 03 Januari 2019 17:32
Jakarta: Juru debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ahmad Riza Patria mengaku tak ada persiapan khusus menghadapai debat perdana. Riza tak khawatir isu hak asasi manusia (HAM) menjadi serangan ke kubu Prabowo.
 
"Soal HAM enggak ada masalah, sejak dulu juga 2014 juga begitu enggak ada masalah. Masyakarat sudah tahu," kata Riza saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 3 Januari 2019.
 
Riza menyebut isu pelanggaran HAM yang dialamatkan kepada Prabowo tidak akan mempan menjadi senjata untuk menyerang Prabowo. Kubu Prabowo justru akan mempertanyakan janji-janji Presiden Joko Widodo menyelesaikan kasus HAM masa lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Justru yang jadi masalah janji Pak Jokowi soal nawacitanya. Janji menyelesaikan kasus-kasus HAM enggak ada. Kalau Pak Prabowo jelas enggak ada masalah. Orang tahu dia enggak terlibat," tutur dia.
 
(Baca juga:SBY Poles Prabowo untuk Debat Capres)
 
Apabila benar isu HAM dilontarkan, Riza yakin, Prabowo telah menyiapkan jawaban yang lugas. Jawaban mengenai perspektif HAM dari sudut pandang terkini.
 
"Pak Prabowo lama tinggal di luar negeri dia mengerti betul namanya kebebasan yang bertanggung jawab. Yang namanya HAM mengerti. Dia sudah terbukti tidak terbukti tidak ada masalah," pungkas dia.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memutuskan lima tema debat pada Pilpres 2019. Keputusan itu disepakati oleh KPU bersama tim kampanye paslon capres-cawapres nomor urut 01 dan 02.
 
"Debat pertama mengenai Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, terorisme. Kedua, energi dan pangan, Sumber Daya Alam dan lingkungan hidup, infrastruktur," beber Ketua KPU Arief Budiman, di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Desember 2018.
 
(Baca juga:Kubu Prabowo Siap Berdebat soal Pelanggaran HAM)

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi