Ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso dalam diskusi di Jakarta Selatan. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso dalam diskusi di Jakarta Selatan. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Kubu Prabowo Siap Berdebat soal Pelanggaran HAM

Pemilu debat capres cawapres debat capres pilpres 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 28 Desember 2018 03:06
Jakarta: Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno siap menghadapi debat kandidat sesi pertama yang akan mengangkat tema Hak Asasi Manusia (HAM). Isu HAM selama ini memang kerap diarahkan kepada Prabowo.
 
Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Djoko Santoso memprediksi isu pelanggaran HAM akan 'menyerang' Prabowo. Tim pemenangan pun telah menyiapkan strategi khusus menghadapi serangan isu itu dalam debat.
 
"Jadi gini, HAM itu daur ulang, dulu waktu Pak Prabowo jadi cawapresnya Bu Megawati (Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri), tidak diserang. Lolos-lolos saja," kata Djoko dalam acara diskusi di Jakarta Selatan, Kamis, 27 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Djoko meyakini materi HAM yang akan diperdebatkan tak jauh-jauh dari Pemilu sebelumnya. Ia mengaku heran isu pelanggaran HAM selalu bergulir dan ditujukan ke Prabowo.
 
Namun, Djoko meyakini isu pelanggaran HAM sudah tidak relevan lagi saat ini. Sebab, tuduhan pelanggaran HAM terjadi ketika kurun waktu peralihan era orde baru menuju reformasi.
 
"Sekarang yang diperhatikan Pak Prabowo dituduh melanggar HAM dalam kurun waktu peralihan. Kalau kita sekarang kita sudah demokrasi dalam kondisi seperti melanggar HAM, nah itu lebih berat itu," pungkasnya.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) rencananya akan menggelar debat perdana pemilu presiden 2019 pada 17 Januari 2019. Selain isu HAM, debat perdana itu juga bakal mengangkat isu korupsi, dan terorisme.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif