Ketua Bawaslu Kota Makassar, Nursari, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin
Ketua Bawaslu Kota Makassar, Nursari, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin

Ketua RW di Makassar Ketahuan Nyoblos Dua Kali

Pemilu kecurangan pemilu pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Muhammad Syawaluddin • 22 April 2019 17:58
Makassar: Ketua RW 01 Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan diproses Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilihan Umum (Pemilu). Dia diduga dua kali melakukan pencoblosan pada 27 April 2019.
 
"Saat ini sudah diproses di Gakkumdu. Kami juga telah proses administrasi," kata Ketua Bawaslu Kota Makassar, Nursari, saat dikonfirmasi, Senin 22 April 2019.
 
Ketua RW tersebut diketahui nyoblos dua kali setelah seorang saksi melihatnya di TPS 6. Padahal, dia masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS 2, Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Informasi yang diperoleh, Ketua RW tersebut pernah menjadi tim sukses di Partai Gerindra. Saat ini oknum RW itu tengah diperiksa, dan Bawaslu telah merekomendasikan untuk melakukan pemungutan suara ulang di TPS 6.
 
"Kami sudah berikan rekomendasi untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 6 itu. Rekomendasi itu manambah lokasi PSU di beberapa TPS lain," katanya.
 
Sejauh ini Bawaslu Kota Makassar telah memberikan rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar untuk melakukan Pemungutan suara ulang dibeberapa TPS yang tersebar di dua Kecamatan.
 
Lima TPS tersebut masing-masing dua dari Kecamatan Panakukang dan tiga TPS di Kecamatan Mariso. Namun, masih ada 6 TPS di Makassar yang berpotensi untuk melakukan pemungutan suara ulang dan tersebar dibeberapa kecamatan lain.
 
Rekomendasi PSU ini sendiri dikarenakan banyaknya pemilih yang menyalurkan hak suaranya di TPS dan hanya menggunakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) meski tidak terdaftar dalam DPK dan tidak memiliki A5.
 


 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif