Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. (Foto: AFP/Naomi)
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. (Foto: AFP/Naomi)

Prabowo Dipastikan Tak Hadir Sidang Putusan MK

Pemilu Sidang Sengketa Pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 26 Juni 2019 09:07
Jakarta: Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akan mengutus tim kuasa hukumnya menghadiri sidang putusan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi besok. Prabowo dipastikan tidak hadir di sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).
 
"Kami ingin menjaga situasi untuk tetap kondusif, Pak Prabowo dan Bang Sandiaga memutuskan untuk tidak hadir di MK," kata juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade di Jakarta, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Prabowo direncanakan tiba di Tanah Air hari ini setelah lawatannya dari Jerman. Andre belum memastikan dari mana Prabowo memantau jalannya putusan sidang apakah di Jakarta atau di kediaman pribadinya di Hambalang, Bogor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Tim Hukum 02 Dianggap Melanggar Hukum Acara MK
 
Salah satu pertimbangan ketidakhadiran Prabowo, lanjut dia, demi menghindari kerumunan massa pendukung datang ke gedung MK. Andre khawatir kehadiran Prabowo memancing pendukung berbondong-bondong datang ke MK.
 
"Kalau dia datang, bakal datang dong pendukungnya. Enggak datang aja pendukungnya masih ada yang datang. Kalau ada gula, ada semut dong," ucap Andre.
 
Pembacaan putusan sengketa PHPU Pilpres 2019 dipercepat. Mahkamah Konstitusi menjadwalkan pembacaan putusan pada Kamis, 27 Juni 2019.
 
"Ya, berdasarkan keputusan RPH hari ini, sidang pleno pengucapan putusan akan digelar pada Kamis, 27 Juni 2019 mulai pukul 12.30 WIB," kata Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 24 Juni 2019.
 
Sebelumnya, MK menjadwalkan pembacaan putusan pada Jumat, 28 Juni 2019. Jadwal pembacaan putusan sudah terdata dalam situs resmi MK dengan nomor perkara 01/PHPU-PRES/XVII/2019.
 
Sidang pembacaan putusan ini bakal mendapat pengamanan ketat. Polri siap mengamankan sidang putusan.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif