Ketua KPU Arief Budiman. MI/Rommy Pujianto.
Ketua KPU Arief Budiman. MI/Rommy Pujianto.

KPU Jadwalkan Rekapitulasi Tiga Provinsi Besok

Pemilu rekapitulasi suara
Faisal Abdalla • 17 Mei 2019 19:43
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melanjutkan rapat rekapitulasi nasional perolehan suara Pemilu 2019, Sabtu, 18 Mei 2019. KPU menjadwalkan empat daerah yang bakal direkap.
 
"Kita daftarkan dalam jadwal kita empat provinsi, yaitu Papua Barat, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta, Jumat, 17 Mei 2019.
 
KPU seharusnya menggelar rapat pleno rekap untuk provinsi Papua Barat hari ini. Namun pleno ditunda lantaran jajaran Komisioner KPU Papua Barat baru tiba di Jakarta Jumat sore.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPU rencananya akan menggelar pleno rekapitulasi untuk empat provinsi tersebut hanya dalam satu panel. KPU optimis empat provinsi itu bisa diselesaikan dalam satu hari.
 
"Kalau empat provinsi pengalaman kita kalau dimulai pagi, itu pagi satu, siang satu, sore satu, malem satu. Insyaallah bisa," kata Arief.
 
Baca: Rekap 27 Provinsi: Jokowi dan PDIP Masih Mendominasi
 
KPU juga menjadwalkan rekap di tiga provinsi pada Minggu, 19 Mei 2019. Provinsi yang akan direkap adalah Maluku, Riau, dan Papua. KPU juga berencana melanjutkan rekap luar negeri untuk wilayah kerja panitia penyelenggara luar negeri (PPLN) Kuala Lumpur.
 
"Jadi melanjutkan rekap luar negeri yang kemarin tertunda satu PPLN, yaitu PPLN Kuala Lumpur, itu akan kita lakukan pada hari Minggu," ujarnya.
 
Rekap PPLN Kuala Lumpur sempat ditunda di wilayah itu dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) metode pos. PSU dilakukan atas rekomendasi Bawaslu menindaklanjuti kasus temuan dugaan surat suara tercoblos.
 
Sejauh ini, KPU sudah merekap dan menetapkan hasil pemilu di 27 Provinsi dan 129 wilayah kerja PPLN. KPU memiliki waktu hingga 22 Mei 2019 untuk menyelesaikan proses rekap.
 

(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif