Komisioner KPU Ilham Saputra - Medcom.id/Faisal Abdalla
Komisioner KPU Ilham Saputra - Medcom.id/Faisal Abdalla

Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi Diperpanjang

Pemilu rekapitulasi suara pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 13 Mei 2019 13:25
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperpanjang batas waktu rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat provinsi. Hal itu untuk memberikan ruang bagi sejumlah provinsi agar segera menyelesaikan rekapitulasi.
 
"Sudah hampir 70 persen yang sudah selesai di tingkat provinsi pada 12 Mei 2019," kata Komisioner KPU, Ilham Saputra di Gedung KPU, Jakarta, Senin, 13 Mei 2019.
 
Provinsi yang belum menyelesaikan proses rekap tersebut adalah Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua. Ada beberapa alasan rekap di daerah tersebut molor, misalnya lambatnya rekap di tingkat Kecamatan hingga ada rekomendasi Badan Pengawas Pemilu untuk pemungutan suara ulang (PSU), pemungutan suara susulan (PSS), dan pemungutan suara lanjutan (PSL).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ilham mengatakan KPU memberikan perpanjangan waktu tiga hari hingga Rabu, 15 Mei 2019, bagi provinsi yang belum menyelesaikan rekapitulasi. KPU optimistis proses rekap selesai sesuai jadwal.
 
"Yang jumlah pemilihnya besar insyaallah hampir semua selesai. Kami optimistis proses rekapitulasi ini bisa selesai tepat waktu," kata Ilham.
 
Pada tingkat nasional, KPU sudah menyelesaikan dan menetapkan rekapitulasi di sembilan provinsi. Kesembilan provinsi itu yakni Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bengkulu, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, dan Bangka Belitung. Selain Sulbar, KPU hari ini menganggendakan rekap di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.
 
Peserta terpilih pada Pemilu 2019 akan ditentukan berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara dari formulir C1 yang dilakukan secara manual dan berjenjang, mulai dari tingkat TPS, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Hasil itu baru akan diumumkan KPU selambat-lambatnya Rabu, 22 Mei 2019.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif