Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (kedua dari kiri). Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (kedua dari kiri). Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Sandi Sudah Keluarkan Rp39,5 Miliar untuk Kampanye

Pemilu dana kampanye pilpres 2019 Prabowo-Sandi
Whisnu Mardiansyah • 31 Desember 2018 16:28
Jakarta: Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno merilis penerimaan dana kampanye periode September-Desember 2018. Selama kurun waktu tersebut, BPN menerima total sumbangan dana kampanye sebesar Rp54 miliar.
 
Bendahara Umum BPN Thomas Djuwandono merinci, sumbangan berasal dari lima sumber yakni duit Prabowo, Sandi, Gerindra, serta sumbangan perorangan dan kelompok. Sandi tercatat sebagai penyumbang paling banyak.
 
"(Sumbangan) Sandiaga, Rp39,5 miliar (73,1%)," kata Thomas di Posko BPN, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Senin 31 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Thomas menjelaskan, Prabowo menyumbang dana kampanye sekitar Rp13 miliar atau 24,2 persen dari total penerimaan dana kampanye. Sementara itu, Partai Gerindra dilaporkan menyumbang sekitar Rp1,3 miliar atau 2,6 persen dari total sumbangan.
 
"Dari perorangan Rp76.197.500 (0,1%), lalu kelompok Rp28.865.500 (0,1%)," beber Thomas.
 
Thomas mengatakan, dana yang sudah digunakan sebesar Rp46,6 miliar. Pengeluaran paling besar tercatat untuk kegiatan teritori dan jaringan, seperti safari politik Prabowo dan Sandi ke sejumlah daerah. Khusus untuk kegiatan tersebut menghabiskan dana Rp23,2 miliar.
 
Sandi menjelaskan soal besarnya sumbangan dana pribadinya. Menurut Sandi, besar sumbangan yang dikeluarkan sudah sesuai Laporan Hasil Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN) miliknya. Sumbangan dana kampanye ini juga telah dikonsultasikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
"Saya sangat transparan. Sebelum memulai ini saya dengan Pak Sudirman Said sempat konsultasi ke KPK, saya akan jelas. Bahwa sumber dari kampanye kita adalah penjualan saham saya," kata Sandi.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif