KPU mendatangi percetakan surat suara/Medcom.id/Nur Azizah
KPU mendatangi percetakan surat suara/Medcom.id/Nur Azizah

Pencetakan Surat Suara Sudah 80%

Pemilu surat suara pemilu kpu pemilu serentak 2019
Ilham Pratama Putra • 10 Maret 2019 05:00
Jakarta: Surat suara untuk Pemilihan umum (Pemilu) 2019 terus di cetak. Hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan 80 persen tugasnya dalam menyediakan surat suara.
 
"Sudah 814 juta lebih surat suara tercetak. Jadi sudah 80 persen lebih," Kata Komisioner KPU, Ilham Saputra saat dikonfirmasi, di Jakarta, Sabtu 9 Maret 2019.
 
Dia mengatakan angka tersebut sudah dekat dengan angka total surat suara yang akan di cetak dalam Pemilu 2019 ini. Adapun total surat suara yang akan dicetak ialah sebanyak 939.879.651 lembar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Surat suara yang dicetak KPU merupakan surat suara untuk memilih Presidan dan Wakil Presiden, Anggota DPR-RI, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Kota dan anggota DPD.
 
Dalam proses pencetakan surat suara, KPU juga menemukan ada surat suara yang rusak. Namun KPU sudah siap untuk menggantinya.
 
"Nanti dalam proses penyortiran kita akan lebih teliti lagi, bisa aja ketika dalam perjalanan atau pengiriman surat itu robek, atau ketika dilakukan pengecekan, ada yang terlewat. Kan manusiawi sekali kan," ujar Ilham.
 
Diketahui kerusakan surat suara dialami beberapa tempat, di antaranya di Cilacap, Jawa Tengah. Setidaknya ada 16 ribu surat suara untuk pemilihan DPR dan DPRD yang rusak di kabupaten tersebut.
 
Kemudian surat suara rusak juga ditemukan di Karawang Barat, Jawa Barat. Sebanyak 815 lembar surat untuk pemilihan DPD rusak disana.
 
Ilham memastikan KPU akan segera mengganti surat suara yang rusak, agar tidak terjadi hambatan saat hari pemilihan, 17 April 2019. Menurutnya, KPU sanggup melakukan itu dengan sisa waktu yang ada.
 
"Kita sekali lagi memastikan berapa kekurangan (akibat) yang rusak itu. Ketika dilaporkan ke kita, nanti segera akan kita ganti, masih ada waktu kok," pungkasnya.
 
KPU mulai melakukan pencetakan surat suara sejak 20 Januari 2019. Pada 15 Februari 2019, KPU menuntaskan sebanyak 360 juta lembar surat suara, atau berada di titik 40 persen dari target pencetakan.
 

(EKO)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif