Petugas mempersiapkan ruang sidang yang akan digunakan untuk sidang penyelesaian sengketa Pemilihan Presiden 2019 di Gedung MK, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.
Petugas mempersiapkan ruang sidang yang akan digunakan untuk sidang penyelesaian sengketa Pemilihan Presiden 2019 di Gedung MK, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Tiga Kemungkinan Putusan MK

Pemilu Sidang Sengketa Pilpres 2019
Fachri Audhia Hafiez, Kautsar Widya Prabowo • 27 Juni 2019 11:26
Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) memiliki tiga pilihan dalam setiap putusan, termasuk untuk sengketa hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Hal ini diatur di dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang MK.
 
"Putusan MK bisa menyatakan dikabulkan, ditolak, atau tidak dapat diterima," kata Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Menurut dia, suatu perkara permohonan akan dikabulkan bila dalil permohonan pemohon beralasan menurut hukum. "Kalau ditolak berarti tidak beralasan menurut hukum, dalam arti misalnya pemohon tidak dapat membuktikan dalil permohonannya," ujar Fajar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pilihan ketiga dalam putusan MK adalah tidak dapat diterima. Hal ini berarti permohonan pemohon tidak memenuhi syarat-syarat formil, seperti pemohon tidak memiliki kedudukan hukum.
 
Dalam perkara sengketa hasil pemilihan umum (pemilu), permohonan yang diajukan di luar tenggat waktu dapat dinyatakan cacat formil, atau tidak memenuhi syarat formil. Alhasil permohonan itu diputus tidak dapat diterima.
 
Perkara sengketa hasil Pemilu Presiden 2019 dimohonkan oleh pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Perkara yang didaftarkan pada 24 Mei 2019 ini mengalami perubahan permohonan pada 10 Juni 2019.
 
Baca: Kubu Jokowi Yakin Putusan MK Selaras dengan MA
 
Sementara itu, Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 4 Tahun 2018 menyatakan perkara sengketa hasil pilpres tidak diberi kesempatan memperbaiki permohonan. Selain itu, permohonan sengketa didaftarkan paling lambat tiga hari setelah penetapan hasil rekapitulasi tingkat nasional di Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
MK pun bakal menjadi panggung terakhir Pilpres 2019 yang berlangsung panas. Putusan akhir perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 akan dibacakan MK siang ini.
 
Saksikan Pengucapan Putusan Sengketa Hasil Pilpres 2019, LIVE melalui:
 
Medcom ID:video.medcom.id/streaming
 
YouTube Medcom ID:https://bit.ly/2RDLiiQ
Facebook Medcom ID:https://bit.ly/2RGthQW
 
Metrotvnews:medcom.id/live
YouTube Metrotvnews:https://bit.ly/2KFfzwQ
Facebook Metro TV:https://bit.ly/2RCFKVz
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif