Ilustrasi rekapitulasi suara pemilu. (Foto: MI/Adam Dwi)
Ilustrasi rekapitulasi suara pemilu. (Foto: MI/Adam Dwi)

KPU DKI Jakarta Tunda Pleno Rekapitulasi Suara

Pemilu rekapitulasi suara pemilu serentak 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 11 Mei 2019 13:08
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menunda pelaksanaan pleno rekapitulasi suara. Banyaknya tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Timur menjadi kendala.
 
“Kendala di Jakarta Utara secara umum TPS-nya lebih dari 1.000,” kata Komisioner KPU DKI Jakarta, Nurdin, di Jakarta, Sabtu, 11 Mei 2019.
 
Nurdin mengatakan Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Kepulauan Seribu telah menyelesaikan penghitungan di tingkat kota. Selain banyaknya TPS, Nurdin mengatakan butuh waktu untuk mencocokan akurasi data formulir C1 plano.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebut proses penghitungan umumnya memerlukan waktu satu jam di tiap TPS. Jika terhambat, waktu yang tersita akan lebih banyak.
 
Baca juga:Situng KPU: Jokowi-Ma'ruf Unggul 56%
 
Di Jakarta Utara, kata dia, tinggal satu kota lagi yang masih dalam proses rekapitulasi yaitu Koja. Sedangkan beberapa kecamatan di Jakarta Timur yang sudah selesai merekapitulasi adalah Ciracas, Cipayung, Matraman, dan Pasar Rebo.
 
“Wilayah lain (di Jakarta Timur) informasinya masih berjalan dan sudah hampir final,” ujarnya.
 
Nurdin mengaku bakal menyambangi beberapa titik di Jakarta Utara dan Jakarta Timur hari ini. Dia ingin memastikan proses penghitungan berjalan dengan baik dan berharap rapat pleno bisa digelar hari ini.
 
“Mudah-mudahan tidak terlalu lama dan malam ini bisa dilaksanakan (rapat pleno),” pungkasnya.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif