Asian Games Makin Berwarna dengan Lomba Mural Nasional
Pilar jalan layang di sepanjang Pulomas-Rawamangun. (Foto: Medcom/Kautsar)
Jakarta: Pemandangan menarik tersaji di sepanjang jalan Pulomas-Rawamangun, Jakarta Timur. Pilar-pilar jalan tol di sana terlihat cantik berwarna-warni dengan lukisan mural bertema olahraga.

Dari seberang jalan, terlihat sekelompok pemuda yang tengah asyik mengaduk cat. Ketika Medcom.id menghampiri, mereka pun menjelaskan bahwa lukisan di pilar itu adalah karya para peserta Lomba Mural Asian Games 2018.
Salah satu pemuda yang bersedia berbicara dengan Medcom.id bernama Pai Nainggolan. Dia bersama empat rekannya memang salah satu peserta yang tergabung dalam komunitas West Together Family di Kalideres, Jakarta Barat.

Klik: Ternyata Singapura Tidak Punya Uang Gelar Asian Games


Pai mengatakan, tema lukisan yang boleh digambar harus seputar Asian Games 2018. Kemudian, bagian pilar yang bisa diwarnai hanya berukuran 3x8 meter. Meski begitu, seluruh peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

"Pendaftarannya gratis. Kami malah dikasih cat warna merah, kuning, biru, hitam dan putih. Masing-masing kaleng cat memiliki bobot 2,5 kg," ujar Pai kepada Medcom.id.

Klik: Juara Olimpiade 2016 Gugup Jelang Asian Games 2018

Ketersediaan cat yang minim membuat jalannya lomba makin seru dan hangat. Jika sudah begitu, kata Pai, kelompoknya akan saling bertukar kaleng cat dengan peserta yang lain. Suasana persaingan pun nyaris tidak ada dalam lomba ini.. 

"Sejauh ini bahan cat aman. Tapi, kalau misalkan kami butuh warna putih banyak, paling minta sama sebelah yang masih ada. Begitu juga apabila mereka butuh warna kuning, sebab akan kami kasih," papar Pai.

"Jadi, biar kata kompetisi, kami akan tetap mengobrol dan silaturahmi. Soalnya event ini enggak se-Jakarta saja, melainkan se-Indonesia," tambahnya.

West Together Family berpose dengan karyanya. (Foto: Medcom/Tesar)


Lomba Mural Asian Games 2018 mempersembahkan hadiah total Rp100 juta. Jumlah itu akan dibagikan kepada empat pemenang utama dan para pemenang urutan 10 besar.

Pai dan rekannya mengklaim tetap tergiur dengan berbagai hadiah yang ditawarkan. Namun, dia tidak lupa dengan tujuan utamanya yang ingin meramaikan Asian Games 2018 dan serta menyalurkan hobinya.

"Motivasi utamanya adalah berkarya dan gambar ini jangan sampai terbatas media. Kalau bisa agar kami dapat ruang juga dari pemerintah," pungkas Pai yang kontrak kerjanya sebagai karyawan swasta tidak diperpanjang.

Dilansir Antara, Lomba Mural Asian Games 2018 diselenggarakan oleh PT Cipta Marga Nusaphala Persada (CMNP) yang merupakan operator jalan tol Wiyoto-Wiyono. Pilar di sepanjang jalan Pulomas-Rawamangun sengaja dipilih karena bakal dilewati para atlet menuju velodrome.

 



(KAU)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id