Ternyata Singapura Tidak Punya Uang Gelar Asian Games
Foto:Ocaasiaorg
Jakarta:  Edisi kedelapan Asian Games digelar pada 1978. Kali itu, Thailand bertindak sebagai tuan rumah. Mereka menggantikan posisi Singapura.

Singapura melepaskan kesempatan menjadi penyelenggara karena alasan keuangan. Sebenarnya Pakistan yang kemudian ditunjuk menjadi pengganti, tetapi juga urung lantaran konflik dengan Bangladesh dan India.

Di ajang ini, Israel tidak ikut serta karena alasan politik.  Sementara total atlet yang berlaga mencapai 3.842. Mereka berasal dari 19 negara. Ada  19 cabang olahraga yang dipertandingkan.
Di tahun inilah untuk pertama kalinya cabang panahan dan boling dilombakan di Asian Games.


Di ujung pesta olahraga itu, Jepang sukses merengkuh juara umum dengan 70 emas, 58 perak, dan 49 perunggu. Total medali yang diperebutkan di Bangkok berjumlah 625 medali.

Indonesia sendiri bertengger di posisi sembilan dengan empat emas, dua perak, dan tiga perunggu dari cabang badminton. Tennis menyumbang tiga emas dan dua perunggu. Tinju juga menyumbang satu medali emas, satu perak, dan dua perunggu.

Sementara renang mempersembahkan tiga perak dan sembilan perunggu. Sisanya, perak dari
pingpong, satu panahan dan satu dari anggar. Total Indonesia meraih  delapan emas, tujuh perak dan 18 perunggu. (insidethegames)



(FIT)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id