Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah. (Foto: Dok. Kemenpora)
Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah. (Foto: Dok. Kemenpora)

Paralimpiade Tokyo 2020

Profil Leani dan Khalimatus: Penyumbang Emas Pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo

Olahraga Bulu Tangkis Paralimpiade
Kautsar Halim • 04 September 2021 22:10
Indonesia akhirnya bisa menyabet medali emas di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 pada Sabtu 4 September sore WIB. Itu terjadi setelah Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah memenangi final cabang olahraga (cabor) bulu tangkis nomor ganda putri SL3-SU5.
 
Tidak ada kesulitan khusus bagi Leani/Khalimatus yang berstatus sebagai unggulan pertama untuk merebut emas itu dari pasangan Tiongkok Chen He Fang/Ma Hui Hui. Pasalnya, mereka sukses menutup laga dengan skor straight game 21-18 dan 21-12.
 
Berbicara soal Leani, pemain kelahiran 5 Juni 1991 memang cukup tersohor di dunia para-badminton. Dia bahkan pernah dinobatkan sebagai atlet Wanita Terbaik tahun 2018 dan 2019 oleh Federasi Badminton Dunia (BWF). Tapi, Leani memang belum pernah menyabet emas Paralimpiade sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tercatat ada enam medali emas ASEAN Para Games yang disabet Leani lebih dulu pada 2015 dan 2017. Kemudian, dia juga pernah memenangi tiga emas Asian Para Games pada 2014 dan 2018 yang dilanjutkan dengan tiga emas kejuaraan dunia.
 
Banyaknya kepingan emas itu tidak didapat Leani dari nomor ganda putri saja karena dia juga bermain di nomor ganda campuran dan juga tunggal putri. Untuk Paralimpiade Tokyo sendiri, Leani masih berpeluang menambah emas jika menang di final nomor tunggal putri (SL4) dan ganda campuran (SL3-SU5) pada Minggu 5 September.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif