Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Jumlah Anak Kecanduan Rokok Terus Meningkat, Koalisi Kaum Muda Bersuara

Wandi Yusuf • 18 Mei 2022 21:55
Jakarta: Koalisi kaum muda yang peduli terhadap pengendalian zat adiktif bersuara melawan masifnya penetrasi rokok. Maklum, penetrasi rokok yang masif membuat semakin banyak anak kecanduan. Angkanya bahkan terus meningkat dari tahun ke tahun.
 
"Sudah sangat jelas, industri rokok menargetkan anak muda melalui iklan promosi sponsor yang masif secara offline maupun online, agar mereka tertarik (merokok) dan akhirnya kecanduan," kata Sekretaris Jenderal Indonesian Youth Council for Tobacco Control (IYCTC), Rama Tantra, dalam webinar menyambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022, Rabu, 18 Mei 2022.
 
IYCTC adalah koalisi kaum muda dari 43 organisasi di 20 kota dan kabupaten di Indonesia. Koalisi ini dibentuk dalam upaya menyuarakan pengendalian zat adiktif produk tembakau di Indonesia secara inklusif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kampanyenya, IYCTC menggandeng aktivis lingkungan River Warrior, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP), dan Forum Anak Kota Ambon (Fakota). Keempat lembaga nirlaba ini bersepakat melindungi kaum muda dari manipulasi industri rokok.
 
"Kami berharap bisa memutus mata rantai korban jeratan adiksi rokok di Indonesia," kata Rama.
 
Baca: Balita Kecanduan Rokok di Gunungkidul Ditangani Secara Psikologis dan Medis
 
Rama menyatakan iklan promosi adalah upaya manipulasi yang dilakukan industri rokok untuk menormalisasi produknya. "Hal ini tidak bisa terus didiamkan," ujar dia.
 

Jumlah perokok muda terus meningkat

Data Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA) 2019 memperlihatkan jumlah prevalensi perokok di Indonesia mencapai 65 juta orang. Terbanyak ketiga di dunia.

Angka tersebut seturut dengan peningkatan prevalensi perokok muda usia 10-18 tahun dari 7,2 persen menjadi 9,1 persen pada 2019. Peningkatan jumlah perokok ini membuat industri rokok berhasil meraup keuntungan besar dari penjualan rokok konvensional.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif