Para ibu muslim di Papua saat membersihkan sayur, umbi, dan ayam untuk proses bakar batu. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.
Para ibu muslim di Papua saat membersihkan sayur, umbi, dan ayam untuk proses bakar batu. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.

Tradisi Bakar Batu ala Muslim Papua Saat Ramadan

Nasional Papua tradisi ramadan Warisan Budaya Ramadan 2021
Roylinus Ratumakin • 24 April 2021 13:42
Jayapura: Tradisi bakar batu merupakan kegiatan memasak secara tradisional yang dilakukan suku-suku asli Papua dari wilayah pegunungan tengah. Ritual bakar batu biasanya menggunakan babi.
 
Demi menjaga tradisi, komunitas muslim Papua tetap melaksanakan bakar batu. Tapi hewan ternak babi yang biasa digunakan, diganti menjadi ayam atau ternak lainnya yang halal.
 
Tradisi bakar batu oleh komunitas muslim Papua dilakukan di Kampung Mateor, Angkasa, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua. Distrik itu merupakan lokasi komunitas Muslim Papua bermukim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pulang dari Malaysia, Dua Pekerja Migran Positif Covid-19
 
"Kami tidak akan pernah melupakan adat dan budaya kami sebagai masyarakat pegunungan Papua untuk melakukan proses bakar batu. Karena proses bakar batu adalah untuk mempererat tali silahturahmi antara sesama," kata salah satu warga muslim Papua, Michael Asso, di Jayapura, Sabtu, 24 April 2021.
 
Dia mengatakan, muslim Papua di Kota Jayapura sudah memasuki generasi keempat. Firdaus Asso, merupakan pemuda asal Kampung Walesi, Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang pertama kali hijrah ke Jayapura.
 
"Acara Bakar Batu kerap diselenggarakan tiap menyambut sesuatu yang dianggap spesial seperti Ramadan tahun ini," ujarnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif