Kepala Perwakilan RI-Antananarivo Madagaskar, Benny Yan Pieter Siahaan (kiri) dalam peresmian Taman Persahabatan Indonesia-Madagaskar di Ivato, 6 November 2021. (Kemenlu RI)
Kepala Perwakilan RI-Antananarivo Madagaskar, Benny Yan Pieter Siahaan (kiri) dalam peresmian Taman Persahabatan Indonesia-Madagaskar di Ivato, 6 November 2021. (Kemenlu RI)

Taman Persahabatan Indonesia-Madagaskar Berdiri di Ivato

Willy Haryono • 08 November 2021 11:43
Ivato: ?Untuk semakin memperkokoh hubungan persahabatan antara Indonesia dan Madagaskar, Kepala Perwakilan RI-Antananarivo Madagaskar, Benny Yan Pieter Siahaan, bersama Menteri Pertahanan Nasional Republik Madagaskar, Jenderal Richard Rakotonirina selaku Ketua Ikatan Alumni Indonesia (IAI), meresmikan taman persahabatan Indonesia-Madagaskar di Wisma Indonesia Ivato pada 6 November 2021.
 
Taman Persahabatan Indonesia ini memiliki dekorasi ciri khas rumah panggung Kalimantan, yang berdasarkan studi ilmiah, merupakan nenek moyang bangsa Madagaskar. Selain itu, tanaman di taman persahabatan ini juga semuanya ada di Indonesia, seperti kembang sepatu, pepaya, pakis, alamanda, pohon pisang, heliconia, dan palem kuning. Bahkan, terdapat becak Indonesia yang di Madagaskar disebut pus-pus
 
Sebagai simbol persahabatan kedua negara, telah dibuat batu dengan bendera Indonesia dan Madagaskar yang melambangkan persaudaraan erat kedua bangsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peresmian Taman Persahabatan Indonesia-Madagaskar ditandai penandatanganan batu prasasti oleh Kepala Perwakilan RI dan Menteri Pertahanan Nasional Madagaskar. Sang menteri dipilih menjadi perwakilan Pemerintah Madagaskar karena merupakan salah satu alumni Indonesia, dan saat ini merupakan Ketua IAI.
 
Acara peresmian juga dihadiri sejumlah perwakilan IAI lainnya yang kini menjadi Perwira Tinggi Militer di Madagaskar. Sebagian peserta mengenakan batik, termasuk Menhan Richard.
 
"Saya selaku Presiden Ikatan Alumni Indonsia, dan juga Menteri Pertahanan Nasional Republik Madagaskar merasa terhormat sekaligus terharu atas itikad baik Bapak Benny Siahaan selaku Kepala Perwakilan RI di Madagaskar yang berupaya mewujudkan persahabatan dan persaudaraan di Wisma Indonesia," imbuh Menhan Richard, menggunakan Bahasa Indonesia yang fasih.
 
"Harapan saya agar persahabatan dan persaudaraan Indonesia dan Madagaskar dapat abadi selamanya seperti yang sudah terjalin selama ini, dan kerja sama kedua negara dapat terus ditingkatkan," lanjutnya, dalam keterangan di situs Kemenlu RI, Senin, 8 November 2021.
 
Baca:  Stan Indonesia Ramai Dikunjungi di Pameran Terbesar Samudra Hindia
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif