Ilustrasi vaksin. covid-19 (AFP)
Ilustrasi vaksin. covid-19 (AFP)

Inggris Kumpulkan Rp14 Triliun untuk Akses Vaksin Negara Berkembang

Internasional Virus Korona inggris indonesia-inggris pandemi covid-19 vaksin covid-19
Willy Haryono • 12 Januari 2021 11:38
London: Inggris telah memobilisasi dana sebesar USD1 miliar atau setara Rp14,1 triliun dari donor global untuk mendukung negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, dalam mengakses vaksin virus korona (covid-19). Dukungan diperlukan dalam rangka memerangi covid-19 yang telah menyebar ke seluruh dunia.
 
Pengumuman mobilisasi dana disampaikan bersamaan dengan dimulainya tur virtual Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa António Guterres ke Inggris, dalam menandai peringatan 75 tahun lahirnya PBB.
 
Broad Sanctuary Green di Westminster secara resmi dinamai ulang menjadi "United Nations Green" untuk memperingati pertemuan Majelis Umum PBB yang pertama di Westminster Central Hall, London, pada 1946.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah Inggris telah membantu mengumpulkan dana sebesar USD1 miliar untuk vaksin virus covid-19 dalam skema CoVAX Advance Market Commitment (AMC) melalui penyesuaian pendanaan dari donor lain. Bantuan ini dikombinasikan dengan GBP548 juta bantuan Inggris yang telah dijanjikan.
 
Baca:  Inggris Sambut Baik Permintaan Indonesia Gabung COVAX
 
Dana tersebut akan digunakan untuk membantu mendistribusikan satu miliar dosis vaksin covid-19 ke 92 negara berkembang tahun ini, termasuk Indonesia.
 
"Investasi penting ini akan membantu menghentikan penyebaran penyakit dan mencegah datangnya gelombang berikutnya di masa depan, membantu upaya membangun kembali kondisi global pasca virus Corona ke arah yang lebih baik," ungkap keterangan tertulis Kedutaan Besar Inggris di Jakarta yang diterima Medcom.id pada Selasa, 12 Januari 2021.
 
"Inggris menggunakan anggaran bantuan, keahlian ilmiah, dan kekuatan diplomatik untuk memperkuat kondisi kesehatan global, serta membantu mitra dekat kami, Indonesia," lanjutnya.
 
Pengumuman ini bertepatan dengan kunjungan virtual selama tiga hari ke London oleh Guterres, sebagai bagian dari peringatan hari jadi PBB ke-75 di Inggris. PBB memiliki peran penting untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan global, kerja sama dan perilaku yang baik.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif