Kerusuhan yang terjadi di Kepulauan Solomon. Foto: AFP
Kerusuhan yang terjadi di Kepulauan Solomon. Foto: AFP

Kepulauan Solomon Diwarnai Kerusuhan, Perdana Menteri Didesak Mundur

Fajar Nugraha • 25 November 2021 11:47
Honiora: Kerusuhan baru pecah di ibu Kepulauan Solomon, Honiara, Kamis 25 November 2021 ketika Perdana Menteri Manasseh Sogavare menyerukan diakhirinya ketegangan antar pulau. Ketegangan telah menjerumuskan negara Pasifik itu ke dalam krisis.
 
Para pengunjuk rasa menentang penguncian pemerintah yang diberlakukan setelah kekacauan yang meluas di ibu kota pada Rabu. Para demonstran berusaha menyerbu parlemen dan menggulingkan Sogavare.
 
Perdana menteri mengatakan pemerintahnya masih memegang kendali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hari ini saya berdiri di hadapan Anda untuk memberi tahu Anda semua bahwa negara kita aman. Pemerintah Anda ada dan terus memimpin negara kita," kata Sogavare, seperti dikutip AFP.
 
“Mereka yang bertanggung jawab (atas kerusuhan) akan menghadapi beban hukum sepenuhnya,” tegasnya.
 
Seorang penduduk setempat kepada AFP, para perusuh berkumpul kembali dan sekali lagi menargetkan daerah Pecinan Honiara dan mengobrak-abrik sebuah kantor polisi.
 
Pria itu, yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, polisi telah memasang penghalang jalan tetapi kerusuhan tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.
 
"Ada massa yang bergerak, sangat tegang," kata warga, ketika media lokal melaporkan penjarahan dan polisi menggunakan gas air mata.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif