Formasi kapal perang Tiongkok dengan kapal induk Liaoning berada di tengah. Foto: AFP
Formasi kapal perang Tiongkok dengan kapal induk Liaoning berada di tengah. Foto: AFP

Tiongkok Bangun Kapal Induk Baru, Diluncurkan Pada 2022

Juven Martua Sitompul • 10 November 2021 08:13
Hong Kong: Tiongkok membuat kapal induk baru dengan teknologi yang hampir menyamai kemampuan milik Amerika Serikat (AS). Menurut Center for Strategic and International Studies (CSIS) dapat diluncurkan segera pada Februari 2022.
 
Dalam gambar yang disediakan oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), kapal induk -,yang hanya dikenal sebagai Tipe 003,- dapat dilihat di ambang penyelesaian pada 23 Oktober, di galangan kapal Jiangnan di Shanghai.
 
“Pemasangan komponen eksternal dan internal utama, termasuk pembangkit listrik dan sistem peluncuran pesawat, tampaknya sudah selesai atau hampir selesai,” kata pernyataan CSIS dalam sebuah komentar yang diterbitkan 9 November, seperti dikutip CNN, Rabu 10 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Hanya beberapa item tambahan -,seperti radar dan sistem senjata,- yang masih harus dipasang sebelum kapal itu dapat tergelincir ke Sungai Yangtze,” tambah para analis.
 
“Berdasarkan informasi yang tersedia dan kemajuan yang diamati di Jiangnan, penulis memperkirakan bahwa Type 003 akan diluncurkan dalam waktu sekitar tiga hingga enam bulan,” sebut CSIS.
 
Setelah siap, kapal tersebut akan menjadi kapal induk ketiga Tiongkok dan yang kedua akan diproduksi di dalam negeri. Namun tidak seperti kapal saudaranya, Liaoning dan Shandong, para ahli mengatakan Type 003 akan menampilkan teknologi peluncuran pesawat yang lebih canggih, sejalan dengan sistem ketapel yang digunakan oleh kapal induk AS.
 
Peluncur baru akan memungkinkan Tiongkok untuk meluncurkan lebih banyak jenis pesawat dari Tipe 003 lebih cepat dan dengan lebih banyak amunisi.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif